Peluang Usaha Laundry yang Cocok Bagi Pemula, Segini Modal Awal yang Diperlukan

Selasa 17-09-2024,20:46 WIB
Reporter : Reynov Yeheskiel Girsang
Editor : Heri Aprizal

Sebelum membuka usaha laundry, awalnya dulu dia seorang penjual sayur. Setiap Subuh dia sudah harus berangkat ke pasar untuk membeli sayur pesanan orang dan untuk dijual juga. 

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Tips Mengetahui Perbedaan Antara Oli Asli dan Palsu

BACA JUGA:Hasil China Open 2024: Anthony Ginting Berhasil Mengalahkan Rival Bebuyutan Chico di 16 Besar

Namun karena faktor usia, akhirnya Sarlina tidak lagi membuka usaha warung sayur dan beralih membuka usaha laundry.

"Saya terpikir membuka usaha laundry itu, karena saya melihat saingannya tidak terlalu banyak. Peluang untuk mendapatkan keuntungannya juga lebih besar karena usaha laundry hanya menggunakan jasa saja," katanya.

Modal awal yang dikeluarkan Sarlina untuk membuka usaha laundry sekitar Rp50 juta. Dengan modal Rp50 juta ini dia membeli mesin cuci, setrika uap, setrika Listrik dan sewa ruko. 

Sarlina menjelaskan omzet per harinya bisa mencapai lebih dari Rp1 jutaan untuk kondisi ramai. Namun kalau lagi sepi bisa kurang dari Rp1 jutaan.

BACA JUGA:Resep Mochi Coklat Isi Strawberry Ala Chef Devina Hermawan yang Menggugah Selera

BACA JUGA:7 Sikap Menyeimbangkan antara Karier, Keluarga, dan Diri Sendiri

"Saya pernah mengalami turunnya omzet yang sangat drastis pada saat terjadinya Covid-19. Biasanya saya per bulan bisa mendapatkan Rp10 juta, namun terjadinya Covid saya hanya bisa mendapatkan Rp5 juta per bulannya," ujarnya.

Dengan seiringnya waktunya, pemasukan Sarlina bisa naik lagi. Selain selalu mengutamakan kualitas Sarlina juga menerapkan pelayanan yang sangat baik, ramah terhadap konsumen.

Paling penting kejujuran yang paling utama diterapkan oleh Sarlina kepada karyawannya.

"Saya pastinya menerapkan kejujuran, disiplin, kerapian dan juga kebersihan yang paling saya ingatkan kepada karyawan saya, karena saya ini orangnya teliti terhadap apa yang saya kerjakan," ungkapnya.

BACA JUGA:Aneka Resep Minuman Menyegarkan untuk Keluarga di Rumah

BACA JUGA:Budidaya Tanaman Buah Naga Superred dalam Pot untuk Panen Maksimal

Vani yang merupakan salah satu pelanggan setia Asahan laundry mengaku selalu mencuci bajunya di sini. Menurutnya, pelayanannya sangat bagus, dan juga yang paling utama itu kerapian dan kebersihan baju.

Kategori :