9 Cara Penyemaian Bibit Melon Hijau yang Benar, Tanaman Tumbuh Sehat

Minggu 29-09-2024,09:31 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Heri Aprizal

BACA JUGA:8 Cara Perawatan Taman Melon Hijau yang Benar, Tanaman Sehat dan Produktif

3. Menyiapkan Wadah Semai

Gunakan tray semai, polybag kecil, atau pot kecil dengan lubang drainase di bagian bawah untuk mencegah genangan air, kemudian isi wadah dengan media semai hingga penuh, lalu ratakan permukaannya.

4. Penanaman Benih

Tanam benih dengan kedalaman 1-2 cm. Jika menggunakan tray, tanam 1-2 benih per sel, dan pastikan jarak antar benih sekitar 5-10 cm untuk memberikan ruang bagi pertumbuhan.

5. Penyiraman

Setelah penanaman, siram media semai dengan lembut agar tanah lembab tetapi tidak menggenang, periksa kelembaban media setiap hari dan siram sesuai kebutuhan, dan pastikan media tidak terlalu kering atau terlalu basah.

BACA JUGA:Percepat Pertumbuhan, 8 Cara Pemberian Pupuk dan Nutrisi Pada Tanaman Melon Hijau

BACA JUGA:Harga Pangan Melonjak, Ini Daftar Lengkap Harga Berbagai Komoditas

6. Penempatan

Letakkan wadah di area yang teduh dan hangat, idealnya dengan suhu 25-30°C. Hindari dari sinar matahari secara langsung pada tahap awal, dan pstikan area memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mencegah jamur.

7.Perawatan Selama Penyemaian

Lakuknan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan kondisi media dan perkembangan bibit, buang benih yang tidak tumbuh atau tampak tidak sehat.wasi kemungkinan hama seperti kutu daun atau ulat, apabila diperlukan, gunakan pestisida organik.

8. Pindah Tanam

Bibit melon yang sudah siap dipindahkan ke lahan setelah berumur 2-3 minggu dan memiliki 2-3 daun sejati, lakukan aklimatisasi dengan membiarkan bibit berada di luar ruangan selama beberapa jam sehari untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

BACA JUGA:Penting Bagi Petani Kenali Hama Pada Tanaman Buncis, Begini Cara Mengatasinya

Kategori :