Pembangunan Perpustakaan Daerah Lebong Telan Rp 9,5 Miliar, Progres Capai 50 Persen

Rabu 09-10-2024,16:52 WIB
Reporter : Badri
Editor : Peri Haryadi

LEBONG, RAKYATBENGKULU.COM – Pembangunan gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Lebong terus berjalan dengan dana sebesar Rp 9,5 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2024. 

Saat ini, progres pembangunan telah mencapai 50 persen, dan proyek ini ditargetkan rampung pada 10 Desember 2024.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lebong, Muhammad Yunus, menekankan pentingnya percepatan pembangunan ini. 

Dengan waktu tersisa sekitar dua bulan, ia meminta pihak kontraktor untuk bekerja cepat dan efisien. 

BACA JUGA:Kerugian Puluhan Juta, Ikan Nila Siap Panen di Kolam Belumai Mati Mendadak

BACA JUGA:KPU Rejang Lebong Buka Layanan Pindah Lokasi Memilih untuk Pilkada

"Kami meminta kontraktor menyelesaikan pembangunan sesuai kontrak, tanpa hambatan, sehingga gedung Perpusda ini bisa selesai tepat waktu," ujar Muhammad Yunus.

Pembangunan gedung Perpusda ini dikerjakan oleh CV. Daya Cipta Karima dengan durasi kontrak selama 7 bulan, mulai 15 Mei hingga 10 Desember 2024. 

Anggaran sebesar Rp 9,5 miliar tersebut hanya mencakup pembangunan fisik gedung, sementara fasilitas dan sarana-prasarana lainnya belum termasuk dalam anggaran ini. 

BACA JUGA:UPPKB PUT Perketat Pengawasan, Dugaan KIR Palsu Mulai Bermunculan di Bengkulu

BACA JUGA:Bawaslu Lebong Selidiki Dugaan Ketidaknetralan 34 ASN dalam Pilkada

Oleh karena itu, DPK Kabupaten Lebong akan kembali mengajukan permohonan anggaran kepada pemerintah pusat untuk melengkapi sarana dan fasilitas pendukung Perpusda.

Muhammad Yunus berharap, dengan selesainya pembangunan gedung Perpusda ini, masyarakat Lebong akan lebih tertarik mengunjungi perpustakaan, terutama kalangan pelajar. 

"Gedung ini diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi masyarakat untuk datang dan meningkatkan literasi di Kabupaten Lebong," kata Muhammad Yunus.

BACA JUGA:Daftar Desa di Kabupaten Bone, Pangkajene Kepulauan dan Barru Raih Dana Insentif Desa Tahun 2024

Kategori :