
Keikutsertaan di FHA Food & Beverage 2025 menjadi langkah konkret Restu Mande dalam memperluas pasar ekspor. Melalui ajang ini, mereka menjalin kerja sama distribusi dengan Toko Indo di Lucky Plaza, Singapura, serta menarik minat buyer dari Thailand.
BACA JUGA:Trust ke Fundamental, Analis Kompak Rekomendasikan Saham BBRI
BACA JUGA:Tegaskan Komitmen Transformasi, BRI Luncurkan BRIvolution Initiatives Phase 1
Saat ini, produk Restu Mande dipasarkan melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli, jaringan ritel seperti All Fresh, Total Buah, dan Setiabudhi Supermarket, serta outlet oleh-oleh di Jalan Katamso, Bandung.
Di pasar internasional, brand ini telah mengekspor secara rutin ke Singapura, Prancis, dan Uni Emirat Arab, dan tengah menjajaki peluang ekspor ke Jepang.
Marketing and Branding Director Restu Mande Utami Ichda membagikan pengalamannya selama mengikuti FHA Food & Beverage 2025.
Ia menyebut bahwa expo tersebut menjadi momentum penting untuk mengenalkan produk dan memahami ekspektasi pasar global.
BACA JUGA:Terus Tumbuh dan Naik Kelas Karena BRI, UMKM Teh Asal Bogor Sukses Tembus Rantai Pasok Global
BACA JUGA:Punya 3 Cabang, AgenBRILink Ini Sukses Bantu Petani Dapatkan Akses Layanan Keuangan
“Selama expo, kami bertemu dengan banyak potential buyer. Selain itu, kami juga belajar banyak hal. Mulai dari memahami standar pasar internasional, memperkenalkan produk kami ke audiens global, hingga membangun relasi dengan buyer dan pelaku industri makanan dari berbagai negara. Booth Indonesia Paviliun yang kami tempati ramai dikunjungi dan menjadi ajang berharga untuk memperkenalkan kuliner Indonesia secara langsung,” ujarnya.
Produk-produk seperti rendang sapi, dendeng balado, serta bumbu instan khas Minang mendapat sambutan positif selama pameran berlangsung.
Salah satu buyer dari Thailand menunjukkan minat kerja sama, dan saat ini Restu Mande tengah menjajaki peluang ekspor lanjutan ke wilayah tersebut.
Utami menilai peran BRI sangat strategis dalam mendorong kesiapan Restu Mande menghadapi pasar global. Ia menegaskan bahwa kemitraan ini mendorong peningkatan di berbagai aspek bisnis.
BACA JUGA:Ikuti Kebutuhan Pasar, UMKM Kuliner Binaan BRI Sukses Ekspansi Pasar Internasional
“BRI tidak hanya memberi akses pembiayaan, tetapi juga pembinaan, pelatihan manajemen bisnis, serta fasilitasi untuk ikut serta dalam pameran dan expo nasional maupun internasional. Pendampingan ini sangat membantu kami dalam hal peningkatan kapasitas produksi maupun kualitas manajemen perusahaan, memperluas networking dan pasar, serta branding,” jelasnya.