HONDA

Nelayan Panen Lobster, Per Kg Rp 60 Ribu

Nelayan Panen Lobster, Per Kg Rp 60 Ribu

KAUR - Kendati sulit mendapatkan ikan karena cuaca ekstrem tidak mematahkan semangat nelayan mencari nafkah. Aktivitas melaut tidak lagi dilakukan di tengah lautan, karena khawatir membahayakan keselamatan. Saat ini nelayan banyak mencari ikan di pinggir laut Kecamatan Kaur Selatan dengan cara menjaring.

Hasilnya, sudah beberapa minggu ini, nelayan panen udang lobster. Bahkan setiap pagi jaring nelayan penuh dengan udang lobster. Tetapi ukurannya belum memenuhi kualitas ekspor. Sehingga hanya dijual keliling oleh warga. Tetapi harganya saat ini tengah anjlok. Jika biasanya harga udang ini bisa tembus Rp 90 ribu per kilogram (Kg) nya, sekarang hanya Rp 50 ribu hingga Rp 60 per Kg.

“Saat ini memang lagi banyak udang lobster lagi musim, jadi nelayan yang jaring bisa banyak bawak pulang setiap harinya. Kalau ukuran 2,1 ons untuk lobster biasanya mereka jual ke pengumpul udang dan kalau yang belum masuk ukuran dijual ke masyarakat sekitar. Dengan harga yang bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran udang,” ungkap Riki salah satu warga Desa Sekunyit Kecamatan Kaur Selatan, kemarin (2/2).

Sementara itu kepada RB, Idin yang juga penampung udang lobster di Desa Cucupan Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur saat dikonfirmasi membenarkan kalau saat ini sedang panen udang lobster.(cik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: