HONDA

Jumat, 2.600 BST Tahap Kedua Diserahkan

Jumat, 2.600 BST Tahap Kedua Diserahkan

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu Jumat (5/6) akan menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap kedua kepada 2.600 warga Kota Bengkulu yang sudah terdata untuk menerimanya. BTS ini merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diberikan ke setiap daerah. Bagi warga yang menerima bantuan ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu, jumlah ini sama dengan bantuan pada tahap pertama.

Asisten I Pemkot Bengkulu yang sekaligus menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Bujang HR menjelaskan, kalau BST untuk Kota Bengkulu akan turun dari pusat hari jumat mendatang melalui kantor POS berkisar 2.300 untuk warga Kota Bengkulu. tetapi laporan dari Bank BRI belum ada, namun sesuai kuota yang diberikan untuk Kota Bengkulu sebanyak 2600 akan terpenuhi.

“Insya Allah hari Jumat nanti akan dibagikan kepada warga Kota Bengkulu yang berhak untuk menerimanya. Untuk teknis pembagiannya langsung diatur oleh Kantor Pos, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Untuk walikota membagikan secara langsung kepada warga, nanti akan dikoordinasikan terlebih dahulu kepada walikota,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam pembagian nantinya kemungkinan tidak akan dilakukan secara serentak, karena warga yang menerimanya banyak sekali. Apabila dibagikan serentak habis pada satu hari akan membludak dan protokol kesehatan tidak akan terjalankan. Melihat kondisi seperti ini maka akan diantisipasi pembagiannya selama dua sampai tiga hari.

“Selain itu kalau pembagiannya diselesaikan selama satu hari, petugas Kantor POS akan kewalahan dan tidak bisa juga diselesaikan selama satu hari penuh. Tetapi yang jelas sudah ada data nama yang berhak menerima BTS ini,” ungkapnya.

Lanjut Bujang, pendataan atau klasifikasi warga yang berhak menerima ini, Dinsos telah mendata melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berada di Dinsos dan kemudian Dinsos juga meminta data dari kelurahan yang terjun langsung ke lapangan untuk memastikan warga yang memang berhak menerima BTS tersebut.

“Untuk kriterianya sendiri kalau perintah dari Kemensos, diberikan untuk warga yang sangat terdampak akibat dari Covid 19 ini, seperti para pedagang kaki lima, buruh harian dan memang mereka yang usaha tutup karena Covid 19 ini sehingga tidak bisa mendapatkan penghasilan seperti biasanya untuk memenuhi kebutuhan hidup,” tutup Bujang HR.

Walikota Serahkan Bantuan

Sementara itu, i Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE bersama Wakil Walikota Dedy Wahyudi, SE, MM, Rabu (3/6) menyerahkan Bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Dinas Sosial Kota Bengkulu. Bantuan yang diberikan ini berupa perabotan rumah yang dinilai sangat diperlukan oleh seorang lanjut usia (Lansia), Afdalyati 66 warga RT 7 nomor 56 Kelurahan Anggut Atas.

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan menjelaskan, ini bentuk dari komitmen pemerintah untuk menghadirkan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat termasuk lansia juga harus bahagia. Semoga bermanfaat, karena pemerintah tidak hanya sibuk soal mengurus masalah Covid-19 saja tapi juga memikirkan kebahagiaan masyarakat, itu perhatikan juga

“Bantuan yang diberikan berupa perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, tempat tidur, kipas angin, dispenser, galon, cangkir, bantal dan bantal guling. Ini juga ada bantal buat ibu agar bisa tidur dengan nyaman. Semoga bisa mimpi bertemu dengan Rasulullah, syaratnya jaga wudhu dan baca doa sebelum tidur,” ujarnya

Dia menambahkan, kalau Pemkot terus mencari warga-warga Kota Bengkulu yang memang membutuhkan bantuan dari Pemkot Bengkulu. Dirinya dan wawali mengunjungi salah satu warga yang sudah lansia, karena ia mendapatkan informasi tetangganya perihal kondisinya pada saat ini. Maka dari itu Pemkot membelikan Lansia ini semua perabotan yang dinilai sangat dibutuhkan oleh dirinya. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: