Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Jaga Jarak Saat Ambil BST, 21.638 KPM Dapat BST

Jaga Jarak Saat Ambil BST, 21.638 KPM Dapat BST

BENGKULU - Sebanyak 21.638 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Provinsi Bengkulu akan segera menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap dua. Pasalnya pengambilan uang sebesar Rp.600.000 sudah bisa diambil di Kantor Pos Bengkulu untuk wilayah Kota Bengkulu sesuai jadwal yang diatur. Dan di BNI dan BRI untuk beberapa kabupaten. Ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Iskandar Zo melalui Kepala Bidang (Kabid) Penangan Fakir Miskin, Tarmizi.

“Pengambilan BST ini sudah bisa dilakukan mulai hari ini (kemarin.red) sampai hari Minggu,” kata Tarmizi, Jumat (5/6).

Dikatakannya, di tengah persiapan pemerintah menghadapi new normal imbas Covid-19. Sejumlah bantuan terus disalurkan kepada masyarakat. Hal ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu untuk menopang perekonomiannya. “Untuk KPM terbanyak ada di Kabupaten Bengkulu Utara dengan 10.960 KPM,” tambahnya.

Sementara, jumlah KPM di Seluma ada 751 KPM, Bengkulu Selatan sebanyak 1.001 KPM, di  Bengkulu Tengah sebanyak 654 KPM, Rejang Lebong ada 3.359 KPM, Lebong ada 1.452 KPM, Kaur sebanyak 648 KPM, dan Kota Bengkulu sebanyak 1.306 KPM. “Kami berharap, Agar pencarian BST tahap dua ini dapat berjalan dengan lancar. Dan tepat untuk para KPM,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Provinsi Bengkulu, Guntama Pramudya, mengatakan dalam pengambilan BST ini. Pihaknya telah melakukan beberapa aturan baru. Hal ini untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. “Kita mewajibkan para KPM yang hendak mengambil nanti untuk memakai masker,” kata Guntama.

Selain itu, telah disediakan beberapa tempat cuci tangan. Dan beberapa petugas untuk mengawasi para KPM yang datang untuk mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Serta untuk kursi antrean disusun dengan jarak tertentu untuk mengindahkan physical distance.

“Kami juga membagi jadwal pengambilan per kecamatan. Hari ini (kemarin.red) Gading Cempaka dan Kampung Melayu,” tutur Guntama.

Terkait pengambilan BST ini, ia mengimbau kepada para KPM agar datang tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Pasalnya, bila datang tidak sesuai dengan jadwal maka akan terjadi penumpukan dari KPM di Kantor Pos ini. Sehingga dikhawatirkan ada indikasi penyebaran Covid-19.

“Datang tepat waktu itu wajib ya. Dan kita akan tetap buka sampai semua KPM telah mengambil BSTnya. Sesuai dengan target kita perhari,” tutupnya.

       Sementara itu, sebanyak 2.300 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bengkulu, mendapat  BST tahap kedua dari kuota 2.643. Pencairan tahap kedua ini berlangsung tiga hari mulai Jumat sampai Minggu mendatang. Untuk hari pertama  412 KPM. Setiap KPM menerima BST senilai Rp 600 ribu.

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, S.E. saat menyapa masyarakat yang sedang antre di Kantor Pos Padang Jati menjelaskan bahwa ini adalah program pemerintah pusat sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat terutama yang terdampak Covid-19. Ia juga mengharapkan semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk warga Kota Bengkulu.

“Semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan Semoga bantuan ini berkah,”Kata Helmi. (war/wij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: