Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Cegah Covid-19, Dokter Hewan Ikut Berperan

Cegah Covid-19, Dokter Hewan Ikut Berperan

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan peran dokter hewan tidak hanya dalam menjaga kesehatan hewan peliharaan, tetapi lebih dari itu. Memiliki kemampuan untuk mengendalikan bahkan mengatasi wabah pandemi yang disebabkan oleh hewan itu sendiri.

“Dokter Hewan memiliki peranan strategis dalam memberantas sekaligus mengendalikan penyakit zoonosis (penyakit yang menular dari hewan ke manusia), agar tidak kembali mewabah,” kata Rohidin saat mengikuti halal bihalal 1441 Hijriah bersama pengurus PBPDHI dan Ketua Cabang PDHI, Ketua ONT, LSP Keswan, AFKHI, PIDHI dan lansia vet, Sabtu (6/6) di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu melalui cloud meeting.

Rohidin menjelaskan, bahwa kondisi lingkungan alam yang sangat padat dan kurangnya kesadaran akan kesehatan, sering kali menimbulkan wabah penyakit khususnya yang berasal dari hewan kepada manusia (zoonosis). “Dimana daya dukung yang semakin berkurang sementara aktifitas yang semakin pesat maka ledakan wabah itu bisa terjadi. Sebagai mana kita alami sekarang pandemi Covid-19, dulu ada flu burung, antrax dan sebagainya. Peran dokter hewan itu sangat strategis disitu," beber Rohidin.

Selain itu, sambung Rohidin, peran dan tanggung jawab dokter hewan itu sendiri memastikan bahwa hewan tersebut betul-betul sehat, aman dikonsumsi oleh masyarakat. Mengingat kebutuhan masyarakat akan protein yang tentu dihasilkan oleh hewan – hewan. "Era global maupun era perbaikan tingkat kesejahteraan ekonomi dunia, maka peran dokter hewan itu sangat strategis dalam rangka memenuhi kebutuhan protein asal hewan, memastikan sehat dan bergiz," jelas Rohidin.

Halal Bihalal 1441 H ini diikuti oleh semua pengurus dokter hewan seluruh Indonesia, Gubernur Rohidin pada kesempatan ini berharap kegiatan ini dapat menjadi penyatu serta sarana silaturahmi seluruh dokter hewan se-Indonesia. "Kolaborasi dari Sabang sampai Marauke itu harus betul - betul menyatu menjadi sebuah kekuatan dokter hewan yang akan bisa mewarnai Indonesia," imbuh alumni UGM ini. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: