HONDA

PPK dan PPS Akan Difasilitasi APD

PPK dan PPS Akan Difasilitasi APD

KEPAHIANG - Merujuk pada kesimpulan Rapat Kerja Dengar Pendapat (RDP) yang dilaksanakan KPU RI, Pilkada siap dilaksanakan 9 Desember. Sementara tahapan mulai dilakukan 15 Juni 2020 mendatang.

Dalam tahapan Pilkada  dilanjutkan dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran pandemi Covid-19 terutama di Kabupaten Kepahiang. Ini disampaikan Komisioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos. I, M.Mpd.

Dijelaskannya, dalam menjalankan tahapan Pilkada wajib  taati protokol kesehatan. Jadi diperlukan dana tambahan. Pasalnya dalam menjalankan tugas, seluruh penyelenggara Pilkada mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta sejumlah penyelenggara lainnya harus dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

‘’Artinya untuk bisa menyediakan APD lengkap itu perlu dana tambahan. Hanya saja sejauh ini belum bisa dipastikan berapa besar dana yang akan kita butuhkan," kata Supran.

Untuk sementara informasi yang didapat, tambahan dana Pilkada bakal disupalai dari APBN dalam hal KPU RI. Teatpi memastikannya, KPU Kepahiang akan tunggu aturan terbaru dari KPU RI, termasuk juga teknis di lapangan yang akan dijalankan nantinya untuk melanjutkan tahapan Pilkada di Kabupaten Kepahiang.

‘’Yang jelas kita butuh anggaran tambahan. Kalau memang benar disupalai dari KPU RI, berarti dari Pemkab Kepahiang tidak perlu lagi untuk menambah anggaran. Namun kalau ternyata ditanggung daerah maka anggaran Pilkada Kabupaten Kepahiang wajib ditambah," ujar Supran.

Menyikapi masalah ini dalam waktu dekat pihaknya akan  melakukan koordinasi sama Pemkab Kepahiang untuk memastikan ketersediaan anggaran tersebut. Karena ketika aturan terbaru diterbitkan KPU RI, otomatis tahapan Pilkada akan segera dijalankan, dan dana hibah wajib tersedia.

‘’Sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), kita bakal mendapat dana hibah Rp 20,750 miliar. Dan sepanjang tahapan berjalan sebanyak Rp 8 miliar sudah masuk ke kas KPU Kepahiang,’’ demikian Supran. (sly)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: