HONDA

5.515 Warga Terima BST Tahap II

5.515 Warga Terima BST Tahap II

MUKOMUKO – Baru tuntas penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) Dana Desa (DD) tahap I, kini ribuan warga Mukomuko kembali menerima  Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap II dari Kementerian Sosial (Kemensos). Jumlah penerima mencapai 5.515 kepala keluarga (KK), tersebar di 15 kecamatan dan 148 desa serta tiga kelurahan.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Mukomuko, Saroni, SH mengatakan, penyaluran BST tahap II bertahap. Pencairan ada di kantor pos dan ada juga di bank. “Jadwal pencairan dari masing-masing penyalur, dan sekarang sudah berjalan,” kata Saroni.

Besarannya tetap sama, Rp 600 ribu per KK. Ia memastikan penerima seluruhnya masih keluarga yang menerima BST tahap I. “Penerimanya sama seperti penerima BST tahap pertama. Jadi kalau warga yang mungkin kemarin dapat, terus sekarang belum, sedangkan yang lain sudah menerima silakan komunikasikan ke tempat penyaluran BST,” sampai Saroni.

Total 14.155 KK di Kabupaten Mukomuko menerima berbagai bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah dalam rangka penanganan dampak Covid-19. Baik itu bansos pemerintah pusat, kemensos, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten maupun dari pemerintah desa.

Dengan rincian, data penerima BST sebanyak 5.155 KK, data penerima BLT DD sebanyak 9.000 KK dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 5.030 KK. Sedangkan yang mendapat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 3.822 KK.

Sementara itu, penyaluran BST tahap II, kembali mendapat pemantauan dan pengawalan dari personel kepolisian. Tampak seperti di Kantor Pos Ipuh, dua polisi berjaga hingga penyaluran BST Tahap II tuntas dihari tersebut.

Kegiatan serupa juga dilakukan personel Polres Mukomuko di sejumlah kantor pos. Tidak hanya BST, personel kepolisian juga aktif mengawal dan mengamankan aktivitas penyaluran bansos lainnya, diantaranya penyaluan BLT DD.

“Personel kita untuk memastikan warga tetap memperhatikan physical distancing pada saat mengantre. Kita imbauan kepada pegawai kantor pos untuk menyediakan tempat cuci tangan dan menempel imbauan agar warga yang datang ke kantor pos cuci tangan sebelum masuk ke dalam. Serta warga harus menggunakan masker,” kata Kapolres Mukomuko AKBP. Andy Arisandi, SH, S.IK, MH. (hue)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: