Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Pertahankan Penurunan Kasus Covid-19 dengan 3T

Pertahankan Penurunan Kasus Covid-19 dengan 3T

BENGKULU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes mengatakan, dengan terjadi penurunan jumlah kasus Covid-19 saat ini harus terus dipertahankan. Ini penting, dalam persiapan menuju penerapan New Normal.

Menurutnya, dalam mempertahankan bertambahnya kasus baru baik berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun kasus konfirmasi positif harus dilakukan upaya 3T. "Upaya kita terus pertahankan tidak ada kasus baru dengan melakukan 3T," sampai Herwan, Senin (8/6).

T pertama, kata Herwan, yakni melakukan Testing atau melakukan pemeriksaan-pemeriksaan secara agresif baik melakukan pengambilan rapid test maupun pengambilan sampel swab. Kedua, melakukan Tracing, yakni meningkatkan penelusuran terhadap kasus-kasus ODP, PDP, dan kontak dengan pasien positif.

"T yang ketiga yaitu Therapy atau pengobatan, kasus positif harus dilakukan pengobatan dengan baik, sesuai SOP untuk mempercepat pengobatan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, tentunya terhadap pasien positif harus diberikan dukungan secara psikologis dari semua pihak baik dari tenaga kesehatan, keluarga, kerabat dan lainnya. "Ini yang dilakukan di pusat karantina sekarang ini. Seperti kegiatan senam pagi, olahraga, hiburan, siraman rohani. Ini upaya kita untuk memberi semangat kegembiraan, hingga mereka merasakan ketenangan untuk imun tubuh dan mempercepat proses kesembuhan," demikian Herwan. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"