HONDA

Siapkan Modal Wirausaha Pemula

Siapkan Modal Wirausaha Pemula

BENGKULU – Banyaknya warga Kota Bengkulu yang hilang pekerjaan akibat Covid-19, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) melalui Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu sudah membuat program wirusaha pemula. Dengan menyediakan modal usaha untuk warga kota yang dipecat. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Eddyson menjelaskan, program ini sudah diluncurkan, akan ditutup hingga 31 Juli mendatang. Kemenkop dan UKM sudah menyediakan dana berupa dana bansos yang akan diberikan ke setiap wirausaha pemula sebesar Rp 15 juta.

“Bagi warga yang ingin mengikuti program ini bisa mendaftarkan diri melalui online dengan mengakses website pembiayaan.depkop.go.id atau www.kemenkopukm.go.id. Setelah mendaftar warga segera mengirimkan persyaratan berupa berkas kepada kita di Dinas Koperasi dan UKM. Untuk berkas persyaratannya bisa datang langsung ke kantor kita,” jelasnya.

Wirausaha ini nantinya tidak langsung diberikan bansos. Sebab warga yang ingin mengikuti program wirausaha pemula ini, harus mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM. Agar mendapatkan sertifikat yang menjadi salah satu syarat untuk bisa mendaftarkan diri mengikuti program ini.

“Kemudian pelatihan ini juga menjadi bekal awal mereka untuk menjadi wirausaha. Sehingga mereka akan tahu kira-kira usaha apa yang bisa dibuka oleh mereka dari dana yang diberikan di Kemenkop tersebut,” jelasnya.

Dia menambahkan, dalam bulan ini, Dinas Koperasi dan UKM akan segera menyelenggarakan pelatihan tersebut. Dalam warga yang mendapatkan bantuan ini nantinya akan dilakukan seleksi langsung dari pemerintah pusat. Dalam seleksi ini nantinya akan dilihat kriteria yang memang betul-betul masuk untuk mendapatkan bantuan bansos untuk membuka wirausaha pemula.

“Yang pastinya dari seluruh Indonesia ini, pemerintah pusat akan membuat ribuan wirausaha pemula yang akan ditumbuhkan. Kalau kita cepat mengirimkan berkas ke pusat maka pemerintah pusat juga akan cepat melakukan seleksi yang berhak mendapatkan program ini. Jadi bagi warga yang ingin mengikuti program ini segera mendaftarkan diri dan mengirimkan berkas kepada kita,” tutup Eddyson. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: