HONDA

63 SMA Jalur Offline, PAUD-SMP, Masih Belajar Via Online

63 SMA Jalur Offline, PAUD-SMP, Masih Belajar Via Online

BENGKULU -  Penerimaan Peserta Didik Baru (PDB) tingkat SMA/SMk dibuka serentak mulai 22 Juni. Ada 2 jalur penerimaan, yaitu secara online siswa mendaftar melalui alamat website http://ppdb-sma.provbengkulu.com dan http://ppdb-smk.provbengkulu.com dan jalur offline siswa mendaftar langsung ke sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Eru Yulian Hidayat, M.Pd melalui Kabid Pembinaan SMA Zahirman, M.TPd, mengatakan tidak seluruh SMA dapat melayani PPDB jalur online. Selain karena umumnya karena kendala jaringan juga dikarenakan fasilitas, sarana dan prasarana sekolah kurang memadai. Sekolah-sekolah ini membuka PPDB melalui jalur offline (calon siswa datang langsung sekolah).

“Ada 63 SMA negeri dan swasta di Provinsi Bengkulu yang membuka PPDB jalur offline. Sedangkan untuk SMK, semuanya melalui jalur online,” kata Zahirman.

Untuk SMA yang masih menggunakan jalur offline, sambung Zahirman, rata-rata merupakan sekolah baru berdiri dan merupakan sekolah swasta. Sedangkan 81 SMA negeri lainnya yang terdapat di 10 kabupaten/kota siap membuka PPDB dengan jalur online. Untuk sekolah dengan PPDB jalur offline diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan di masa pandemic Corona Virus Disease Tahun 2019 (Covid-19).

“Tetap membatasi jumlah peserta, kalau bisa perhari itu dibatasi yang datang untuk menghindari kerumunan, menggunakan masker. Lokasi pendaftaran selalu dibersihkan setiap hari menggunakan disenfektan, dan tetap jaga jarak,” beber Zahirman.

Untuk kuota daya tampung SMA/SMK sederajat negeri/swasta se Provinsi Bengkulu mencapai 36.880 siswa. Meliputi, daya tampung SMA ada 22.054 siswa dan SMK 14.826 siswa tersebar di 10 kabupaten/kota. PPDB SMA dimulai serentak 22 Juni-4 Juli, dan SMK 22 Juni-30 Juni untuk jalur zonasi sebanyak 60 persen.

Sementara  jalur prestasi sebanyak 20 persen dari kuota, ikut orangtua pindah tugas sebanyak 5 persen dari kuota, afirmasi (siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar atau keluarga penerima manfaat program bantuan pemerintah) sebanyak 15 persen dari kuota, dimulai 22-27 JuniSedangkan untuk pendaftaran ulang SMA dimulai 9-11 Juli setelah diumumkan tanggal 8 Juli, dan pendaftaran ulang SMK lebih dulu dimulai tanggal 6-11 Juli.

“Pada saat pendaftaran ulang, kita juga harapkan sekolah dan calon siswa mengikuti protokol kesehatan. Kita juga minta sekolah selama PPDB mengikuti juklak juknis yang ada,” pungkas Zahirman.

Belajar Via Online

Sementara itu, Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE didampingi oleh Wakil Walikota Dedi Wahyudi, SE, MM bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Didikbud) Rosmayetti melakukan rapat melalui Video Teleconference dengan Kepala SD dan SMP se Kota Bengkulu. Dalam rapat ini Walikota bersama seluruh kepala sekolah membahas penerapan pembelajaran menjelang tahun ajaran baru 2020.

Walikota Bengkulu mengatakan, Pemkot memutuskan masih akan menetapkan proses belajar mengajar dari rumah masing-masing melalui online atau Daring (dalam jaringan). Keputusan ini diambil karena Pemkot menilai opsi ini salah satu opsi yang aman, sebab Pemkot tidak ingin siswa-siswa yang terpapar Covid 19.

“Kita minta kepada siswa dan wali murid untuk memaklumi kebijakan ini. Semua demi kepentingan bersama,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disdikbud Kota Bengkulu, Rosmayetti mengatakan, belajar melalui Daring berlaku untuk PAUD, SD dan SMP. “Untuk proses penerapan dan materi pembelajaran pada tahun depan akan kita diskusi kembali kepada semua guru-guru yang mengajar sesuai mata pelajaran guru yang bersangkutan,” ujarnya. (key/jee)

PPDB SMA Jalur Offline

Kota Bengkulu

  1. SMAN Keberbakatan Olahraga Bengkulu
  2. SMAS Pallawa
  3. SMAS Pelita Kasih
  4. SMAS SINT Carolus
  5. SMAS PGRI
  6. SMAS Pembangunan
  7. SMAS Muhammadiyah I
  8. SMAS Muhammadiyah II
  9. SMAS Muhammadiyah 4
  10. SMAS Pancasila
  11. SMAS Hidayatullah
  12. SMAS Budi Mulia
  13. SMA IT IQRA
  14. SMAS Idhata
  15. SMAS Al=Quran Harsallakum
  16. SMAS Al-Karim

Bengkulu Utara

  1. SMAN 6 BU
  2. SMAN 11 BU
  3. SMAN 13 BU
  4. SMAN 14 BU
  5. SMAN 15 BU
  6. SMAN 16 BU
  7. SMAS Muhammadiyah Argamakmur
  8. SMAS PGRI Argamakmur
  9. SMAS Tenera Putri Hijau

Rejang Lebong

  1. SMAN 11 Rejang Lebong
  2. SMAN 12 Rejang Lebong
  3. SMAN 13 Rejang Lebong
  4. SMAN 14 Rejang Lebong
  5. SMAS Muhammadiyah Curup
  6. SMAS Taman Siswa Curup
  7. SMAS Xaverius Curup
  8. SMAS PGRI 1 Curup

Bengkulu Selatan

  1. SMAN 10 BS
  2. SMAN 11 BS
  3. SMAS Muhammadiyah BS
  4. SMAS PGRI BS
  5. SMAS Karya BS
  6. SMAS Pembangunan BS

Seluma

  1. SMAN 10 Seluma
  2. SMAS Muhammadiyah 1 Tais

Kaur

  1. SMAN 6 Kaur
  2. SMAN 7 Kaur
  3. SMAN 8 Kaur
  4. SMAN 9 Kaur
  5. SMAN 10 Pentagon Kaur
  6. SMAN 11 Layanan Khusus
  7. SMAS Muhammadiyah Bintuhan
  8. SMAS Asy-Syafiyah Bintuhan

Mukomuko

  1. SMAN 6 Mukomuko
  2. SMAN 9 Mukomuko
  3. SMAN 11 Mukomuko
  4. SMAN 12 Mukomuko
  5. SMAN 13 Mukomuko
  6. SMAN 14 Mukomuko
  7. SMAN 15 Mukomuko
  8. SMAN 16 Mukomuko
  9. SMAS Muhammadiyah

Lebong

  1. SMAN 6 Lebong
  2. SMAS PGRI Amen

Kepahiang

  1. SMAS Muhammadiyah Kepahiang

Bengkulu Tengah

1.SMAS Ihyaul Quran

  1. SMAS IT Rabbani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: