HONDA

Tes Kesamaptaan Digelar Agustus

Tes Kesamaptaan Digelar Agustus

BENGKULU – Bila tidak ada perubahan, peserta lulus passinggrade dan perangkingan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan, yang  dirancang bulan Agustus mendatang.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu Drs. Imam Jauhari, MH mengatakan, tes CPNS Kemenkumham tetap dilanjutkan setelah sempat ditunda karena adanya pandemi Corona Virus Disease Tahun 2019 (Covid-19). Direncanakan tes lanjutan, yaitu SKB tes kesemaptaan pada Agustus mendatang. Khusus untuk formasi SLTA sederajat, tes SKB yaitu kesamaptaan dan wawancara. Sementara formasi Strata 1 (S1), kembali akan mengikuti CAT di UPT BKN Bengkulu.

“Kalau ada perubahan, nanti kita akan diberitahu lagi. Sementara ini informasi yang kita terima digelar Agustus,” kata Imam yang belum lama ini tiba di Bengkulu menggantikan Kepala Kanwil Kemenkumham lama Abdul Hany yang pensiun.

Untuk diketahui, jumlah kuota CPNS di Kanwil Kemenkumham Bengkulu sebanyak 31 formasi. Yaitu penjaga tahanan pria sebanyak 25 orang, penjaga tahanan wanita ada 3 orang dan pemeriksa keimigrasian 3 orang. Sehingga ada ribuan peserta SKD yang tersisih karena untuk peserta SKB hanya diambil 3 kali jumlah formasi.

“Ada 93 peserta SKB kesamaptaan, karena diambil 3 kali jumlah formasi. Peserta SKB ini lulus passinggrade dan perangkingan,” sambung Imam didampingi Kadiv Administrasi Drs. Garnadi, MSI, Kadiv Pemasyarakatan Pujo Harianto, BC.IP, S.Sos, M.SI, Kadiv Keimigrasian M Adnan, SH, MH, dan Kabag Program dan Humas Dra. Masnawati, SH, MH.

Guna membentuk ASN berkompeten dan berintegritas, Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu terang Imam akan menggandeng Korps Brimob Polda Bengkulu dalam pelaksanaan SKB kesamaptaan penerimaan CPNS Kemenkumham. Seperti pada penerimaan CPNS Tahun 2017 sebelumnya pada tes seleksi kesamaptaan Kemenkumham, tahun ini juga akan dilaksanakan di Markas Komando Brimob Bengkulu.

Peserta akan melalui seleksi, antara lain, yaitu lari sprint, push up, sit-up, pull-up, yang kesemuanya harus dilalui oleh peserta sesuai dengan kriteria dan penilaian yang ditetapkan. “Kita gandeng brimob, dan lokasi tes juga rencananya dilaksanakan di markas Brimob. Kalau untuk lokasi CAT SKB bagi S1 itu masih sama di UPT BKN Bengkulu bagi yang berdomisili di Bengkulu, kuotanya kuota nasional,” demikian Imam. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: