HONDA

HAMPIR FINAL

HAMPIR FINAL

BENGKULU - Peta kandidat pemilihan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu makin mengerucut. Bahkan sudah ada hampir final berpasangan.

Seperti Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dikabarkan berpasangan dengan Bupati Lebong Rosjonsyah. Ini juga diakui Wakil Ketua Bidang Infokom DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Zulkarnain Kaka Jodho. Menurutnya Rohidin-Ronjonsyah intens berkomunikasi.

“Kalau untuk Rohidin-Rosjonsyah hampir mendekati final,” kata Zulkarnain.

Meski begitu, Rohidin juga masih berkomunikasi dengan beberapa kandidat wagub lainnya. Namun Zulkarnain belum membeberkannya. “Ya harapan kita semoga Pak Gubernur Rohidin Mersyah kembali melanjutkan pembangunan daerah ini. Apalagi selama tiga tahun terakhir  ini pembangunan daerah sangat menggeliat dimasa kepemimpinannya,” kata Zulkarnain yang juga Juru Bicara Sahabat Rohidin.

Bagaimana dengan parpol pengusung? Menurut Zulkarnain, setelah Partai Golkar dan PKS, dalam waktu dekat ini ia mengklaim akan menyusul parpol lainnya yang siap memberikan dukungan penuh kepada incumbent tersebut.

Untuk maju dalam Pilgub setidaknya pasangan kandidat mengantongi minimal 9 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu. Tersebar di PDIP dengan 7 kursi, Golkar juga sebanyak 7 kursi. Kemudian Gerindra 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 5 kursi, PKB 4 kursi, Hanura 3 kursi, PKS 3 kursi, PAN 2 kursi, Perindo 2 kursi dan PPP 1 kursi.

“Untuk parpol lainnya itu ada PDIP, NasDem yang rutin berkomunikasi, ya dalam waktu dekat ini harapan kita akan ada kabar baik. Dan kita doakan Pak Rohidin bisa melanjutkan kepemimpinannya ini,” ungkapnya.

Sementara itu, informasi mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin berpasangan dengan Izda Putra (Mantan Kakanwil BPN Provinsi Bengkulu) semakin kencang. Hal ini terlihat dari gerakan sosial tim Agusrin-Izda Putra Solution yang gencar dalam penanganan bahaya pandemi corona (covid-19).

Koordinator Agusrin-Izda Putra Solution, Fajri Anshori SE mengemukakan, pasangan Agusrin-Izda Putra saat ini terus mendapat dukungan dari masyarakat Bengkulu. Ini dibuktikan dengan adanya deklarasi dukungan langsung masyarakat  di daerah yang menginginkan pasangan Agusrin-Izda Putra menjadi gubernur dan wakil gubernur Bengkulu.

"Insya Allah Agusrin-Izda Putra Gubernur dan Wakil Gubernur pilihan rakyat kedepannya. Karena pasangan ini merupakan pasangan yang ideal sama-sama punya pengalaman di pemerintahan. Dan Insya Allah bisa membawa perubahan Bengkulu lebih maju lagi kedepannya, dengan membawa perubahan yang nyata untuk rakyat," terang Fajri.

Disinggung soal parpol pengusung Agusrin-Izda Putra, menurut Fajri komunikasi dengan sejumlah parpol terus dilakukan. Ia menegaskan dalam waktu dekat akan ada kabar baik terkait parpol pengusung Agusrin-Izda Putra. Sejumlah parpol yang terus dijajaki pasangan ini yakni Gerindra, PKB, Demokrat, Perindo, dan PDI-Perjuangan.

"Beberapa parpol terus intens komunikasi. Namun kita belum bisa menyampaikan secara terbuka saat ini. Karena ini merupakan bagian dari strategi politik kita. Jadi tinggal tunggu saja tanggal mainnya," ujar mantan Ketua KPID Provinsi Bengkulu ini.

Sementara itu Ketua Tim Relawan Helmi Hasan, Teuku Zulkarnain, SE mengaku sampai saat ini tim bersama memang mencari sosok pendamping untuk Helmi yang ideal dan pas. Oleh karena itu komunikasi oleh sejumlah pihak dan parpol masih terus dilakukan sampai saat ini.

“Memang muncul nama ada pak Muslihan, Dedy Ermansyah serta beberapa tokoh lainnya yang akan pantas mendampingi pak Helmi maju Pilgub 2020 ini. Namun semua itu nanti akan dibahas bersama lagi dengan partai koalisi pengusung pasangan calon. Ya prinsipnya kita akan mencari sosok pendamping Helmi Hasan yang ideal dan menang dalam Pilgub 2020,” terang Teuku.

Selain parpol PAN, Hanura dan NasDem, sambung Teuku, bahwa beberapa parpol seperti Demokrat, PPP, serta Gerindra juga menjalani komunikasi yang baik terkait mengusung Helmi Hasan menjadi bakal calon gubernur mendatang. “Insya Allah dalam beberapa hari ini akan ada kabar baik parpol lainnya yang final mendukung dan memberikan rekomendasi untuk pak Helmi. Karena sejumlah parpol yang komunikasi dengan kita responnya sangat baik sekali,” ucap Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu ini.

Helmi dan Hijazi Bertemu Empat Mata

Teka-teki pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju dalam Pilgub 2020 kian bergerak dinamis, hal ini tampak saat Walikota H Helmi Hasan melakukan pertemuan langsung empat mata dengan Bupati Rejang Lebong (RL) Ahmad Hijazi di Jakarta Jumat (19/6).

Wakil Ketua Bidang POK DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu, Dempo Xler membenarkan bahwa Walikota Helmi Hasan melakukan pertemuan dan diskusi langsung bersama Bupati RL Ahmad Hijazi. Ia mengungkapkan, bahwa pertemuan itu hal biasa membahas politik dan persoalan tentang Bengkulu.

"Ya pertemuannya tadi (kemarin, red) lebih kepada diskusi mengenai soal visi Bengkulu kedepannya seperti apa. Terutama dalam hal menjadikan bagaimana kedepan agar Provinsi Bengkulu ini lebih maju, bahagia dan religius," kata Dempo yang juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini.

Dempo juga tidak memungkiri, jika Helmi Hasan dan Ahmad Hijazi nantinya bisa berdampingan maju dalam Pilgub kali ini. Sebab saat ini komunikasi intens mengenai pendamping Walikota Helmi Hasan terus berjalan termasuk dengan sejumlah partai politik (parpol).

"Tidak menutup kemungkinan bisa saja nanti mereka berpasangan, karena kita tidak menutup diri sifatnya. Sebab terkait pasangan pak Helmi akan terus dijalani komunikasi yang baik dengan siapapun. Terutama dengan partai koalisi. Yang jelas pada prinsipnya pilkada ini juga ajang silahturahim, punya niat yang baik untuk sama-sama mewujudkan Bengkulu kedepannya lebih baik," ungkap Ketua BM PAN Provinsi Bengkulu ini.

Terkait soal partai yang akan mengusung Helmi Hasan maju, Dempo berkilah ada beberapa parpol yang sudah final. Namun dirinya belum bisa menyampaikan secara terbuka. "Sejauh ini ada sekitar empat parpol yang sudah final. Untuk nama parpolnya belum bisa saya sampaikan sekarang, karena biarlah nanti waktu yang akan menjawab. Yang jelas pak Helmi Hasan akan siap maju Pilgub," jelasnya.

Sementara terpisah Pengamat Ilmu Sosial dan Politik Universitas Bengkulu (Unib) Drs. Heri Supriyanto, MSi memprediksi dalam Pilgub kali ini paling  banyak ada tiga pasangan calon yang akan maju. Ia juga menyebutkan, ada tiga sosok nama yang bakal maju dan sampai saat ini terus menjadi pembicaraan hangat masyarakat. Yakni mantan Gubernur Agusrin M Najamudin, Gubernur Rohidin Mersyah, dan Walikota Helmi Hasan.

"Saya rasa ketiga nama itu (Agusrin, Rohidin dan Helmi) yang tampaknya akan bertarung nanti (Pilgub 2020). Karena ketiga nama itulah yang terus dibahas masyarakat jelang Pilgub ini. Tinggal lagi ketiganya itu mencari pendamping yang pas. Dan ini akan menjadi pertarungan sengit nantinya dalam Pilgub kali ini," kata Heri. (new)

Prediksi Peta Pasangan Kandidat Gub dan Wagub

Cagub

Rohidin Mersyah (Gubernur Bengkulu)

Cawagub

Rosjonsyah (Bupati Lebong)

Parpol yang dijajaki: (Golkar, PKS, PDI-P, NasDem)

Cagub

Agusrin M Najamudin (Mantan Gubernur Bengkulu)

Cawagub

Izda Putra (Mantan Kakanwil BPN Prov Bengkulu)

Parpol yang dijajaki: (Gerindra, PKB, Demokrat, Perindo, PDI-P).

Cagub

Helmi Hasan (Walikota Bengkulu)

Cawagub

Dedy Ermansyah (Wagub Bengkulu)

Parpol yang dijajaki: (PAN, Hanura, PPP, NasDem, Demokrat)

Cagub

Ahmad Hijazi

Cawagub

Anarulita

Parpol yang dijajaki: (NasDem, Perindo, PPP, Demokrat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: