BANNER KPU
HONDA

Perbaikan Dukungan TMS Dua Kali Lipat

Perbaikan Dukungan TMS Dua Kali Lipat

BENGKULU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu akan segera melaksanakan tahapan verifikasi faktual (vertual) terhadap bakal paslon perseorangan kepala daerah/wakil kepala daerah. Seperti diketahui untuk wilayah Provinsi Bengkulu yang akan melanjutkan proses tahapan verifikasi faktual (vertual) ada enam bakal paslon dari empat kabupaten yakni Bengkulu Selatan, Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong.

 Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, SP, M.Si mengatakan, pelaksanaan vertual dengan metode sensus hanya diberikan waktu mulai tanggal 24 Juni sampai 12 Juli 2020. Ia meminta Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan/desa untuk bekerja secara profesional, mengedepankan integritas yang tinggi.

 “Dalam menjalankan tugas ini (vertual,red) PPS harus mengedepankan protokol kesehatan. Karena vertual tetap dilakukan sistem metode sensus,” ujar Eko.

 Setelah dilakukan vertual perseorangan di lapangan, menurut Eko, nantinya akan dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan. Juga ada masa perbaikan bila ada dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS).  “Kalau untuk perbaikan itu dilakukan dua kali lipat dari dukungan yang TMS. Semisal ditemukan yang TMS itu ada sekitar 1.000, maka harus menyerahkan dukungan perbaikan sekitar 2.000,” jelasnya.

 Eko juga menegaskan pihaknya telah memberikan materi bimbingan teknis (bimtek) terkait dalam menjalankan tahapan vertual perseorangan tersebut. Ia juga meminta kepada KPU setempat untuk memberikan pemahaman lebih dalam lagi kepada PPK dan PPS setempat untuk teknis menjalankan tahapan. Mengingat Peraturan KPU terbaru yang harus diikuti.  “Pada prinsipnya dalam bekerja tetap mengedepankan PKPU terbaru.  Selalu berkoordinasi dalam melaksanakan tugas,” tukasnya.

 Seperti diketahui, enam pasangan calon perseorangan bupati/wakil bupati di Provinsi Bengkulu yang lolos tahap awal dalam penyerahan dukungan KTP di KPU setempat, diantaranya di Kabupaten Bengkulu Selatan ada tiga pasang. Mereka, Aliman Siana-Nurmansyah Samid, Bambang Suseno-Johari Salim, serta Yogi Pramadani-Suhirman Majid. Kemudian di Kabupaten Kepahiang satu pasangan calon yakni Edi Sunandar-Ice Rakizah lalu di Kabupaten Lebong juga satu pasangan calon Armansyah-Masropen selanjutnya di Kabupaten Rejang Lebong satu pasangan calon Syamsul Efendi-Hendra Wahyudi. (new)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: