HONDA

7.233 Pendaftar SBMPTN, Incar Kuliah di Unib

7.233 Pendaftar SBMPTN, Incar Kuliah di Unib

BENGKULU - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ditutup kemarin malam (20/06) pukul 22.00 WIB. Hingga sabtu sore kemarin ada sekitar 707.588 peserta yang mendaftar seluruh Indonesia. Khusus peserta yang sudah mendaftar dan mengikuti tes di Universitas Bengkulu (Unib) hingga sore kemarin berkisar 7.233 orang lulusan SMA/SMK sederajat.

Humas PPID Unib, Alimansyah  menjelaskan, hasil UTBK ini akan menjadi persyaratan masuk perguruan tinggi negeri jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bagi peserta yang sudah mendaftar akan mengikuti rangkaian UTBK yang akan digelar pada 5 hingga 12 Juli mendatang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah menjadi ketentuan.

“Pihak kampus telah menerima rekomendasi pelaksanaan tes dari gugus tugas penanganan Covid 19 di Bengkulu. Untuk skema pelaksanaan UTBK kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti pengecekan suhu tubuh peserta, wajib menggunakan masker, kemudian kita menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer,” jelasnya.

Dia menambahkan, Semua ketentuan yang sudah ditetapkan untuk menerapkan protokol kesehatan wajib untuk diikuti. Maka bagi peserta yang tidak menggunakan masker maka tidak diperkenankan masuk. Namun untuk mengantisipasi ini pihak kampus sudah menyiapkan masker bagi peserta yang memang tidak membawa masker.

“Tetapi pihak kampus tidak akan menyiapkan jumlah yang banyak, dari seluruh perserta yang mengikuti tes di Unib. Kemungkinan kita hanya menyediakan 10 persen saja dari jumlah yang mengikuti tes di Unib. Maka bagi peserta memang diwajibkan untuk menggunakan masker selama tes berlangsung,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk komputer yang akan digunakan untuk tes pun telah diberi jarak 1,5 meter dan bagi peserta yang membawa orangtua atau ikut mengantar tidak diizinkan masuk ke dalam kawasan kampus. Dalam tes UTBK tersedia dalam empat sesi, untuk sesi yang pertama pukul 08.00 WIB hingga selesai, kedua 10.00 WIB, sesi ketiga pukul 13.00 WIB dan terakhir pukul 16.00 WIB.

“Namun khusus untuk hari Jumat pelaksanaan hanya digerlar 2 sesi, karena mengingat waktu yang singkat pada hari tersebut. Dalam 1 sesi untuk jumlah yang masuk ke ruangan untuk mengikuti berkisar 300 hingga 400 peserta. Kemudian tes yang akan diikuti adalah tes potensi skolastik yang berfungsi untuk mengukur kemampuan kognitif,” ungkapnya.

Sambungnya, untuk hasil UTBK ini akan diterbitkan pada 25 juli mendatang. “Kemudian selanjutnya peserta bisa mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN dengan mencantumkan nilai UTBK yang sudah didapatkan oleh para perserta. Semua peserta bisa memilih 2 program studi dari 2 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berbeda,” tutup Alimansyah. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"