HONDA

Jalur Prestasi, Bebas Pilih Sekolah

Jalur Prestasi, Bebas Pilih Sekolah

BENGKULU - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Didikbud) melalui Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Nopri Walihan, S.Pd, MM menyampaikan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun 2020 ini untuk di tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Menengah Pertama (SMP) akan dimulai 25 Juni nanti. Ia menjelaskan, pada PPDB ini akan dilakukan pembukaan pendaftaran melalui empat jalur. Yakni jalur afirmasi, prestasi, pindah tugas orangtua, dan zonasi.

"Jalur afirmasi, prestasi, pindah tugas orangtua. Itu yang memang dilayani oleh langsung Diknas. Dimulai pada 25-26 Juni. Jadi ada waktu dua hari," kata Nopri, Selasa (23/6).

Dikatakannya, dalam penerimaan siswa baru kali ini, pihaknya telah menyiapkan format pendaftaran dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan, mengingat masih adanya pandemi Covid-19 di Kota Bengkulu. Khususnya bagi penerimaan berkas jalur prestasi dan pindah tugas orangtua.

"Harapannya siswa yang melalui jalur prestasi memang disitu akan terjadi kompetisi antar siswa,"tambahnya.

Dalam jalur prestasi ini, siswa diperkenankan memilih satu sekolah tujuan yang hendak ia masuki. Misalnya SMPN 1, atau SMPN 2. Kemudian pihaknya akan menentukan kelulusan siswa berdasarkan perangkingan tiap sekolah. Ia menambahkan, jaur zonasi dapat dilakukan setelah jalur afirmasi, perpindahan orangtua dan prestasi selesai.

"Kita tetap menyediakan, seandainya dia tereliminasi dari sekolah yang dia inginkan pilihan awal. Itu dengan menggunakan jalur zonasi," tukas Nopri.

 Ia menambahkan untuk jalur prestasi memang pendaftarannya tidak sebanyak pendaftar di jalur zonasi. Karena memang ada prestasi non akademik yang pernah dicapai oleh calon siswa itu. Misalnya O2SN, cabang olahraga bentuk lainnya yang telah terindentifikasi oleh Dinas pendidikan.

"Kemudian kita buat kebijakan bahwa lima besar di sekolah itu adalah yang bisa menggunakan jalur prestasi. Untuk itu, kami dahulu jalur ini," tukasnya.

Siswa Tetap Belajar di Rumah

Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan bahwa untuk proses pembelajaran tingkat SD dan SMP di Kota Bengkulu masih menerapkan metode belajar dari rumah. Meskipun new normal dalam waktu dekat ini direncanakan akan diberlakukan. Sehingga masyarakat dapat beraktifitas seperti biasanya sebelum pandemi Covid-19 melanda.

"Kebijakan untuk memulai kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah, belum kita keluar," tambahnya.

Hal ini pun sudah ia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud, Muhammad Samsuri di Jakarta.

“Kita masih fokus untuk anak-anak belajar dari rumah,” kata Helmi, yang didampingi Kadis Diknas Kota Bengkulu Hj. Rosmayetti, menjelaskan kepada Samsuri.

Helmi mengatakan pertemuan itu membahas tentang persiapan sekolah di masa transisi Covid-19 new normal nanti. Juga termasuk kordinasi terkait metode pembelajaran di tahun ajaran 2020-2021 masa transisi pandemi Covid-19. Siswa siswa belajar dari rumah bisa secara online dan live menggunakan android.

"Alhamdulillah itu cukup membantu. Jadi anak-anak bisa menonton pembelajaran dari guru didampingi orangtuanya,” kata Helmi.

Persoalan muncul ketika anak-anak tidak punya handphone, lanjutnya, maka akan disiasati dengan tayangan TV lokal.

"Kita melalui dinas kominfosan kerjasama dengan TV lokal," imbuhnya.

Sementara untuk anak-anak yang punya handphone android tetap bisa belajar dari rumah sehingga proses tanya jawab yang dilakukan dengan pembelajaran via daring dapat dilakukan. (war)

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SD dan SMP kota Bengkulu tahun Pelajaran 2020/2021

  • Penerimaan berkas prestasi/pindah tugas orangtua dan tamatan tahun sebelumnya

25-26 Juni 2020, Aula Dinas Pendidikan Kota Bengkulu

  • Pengembalian berkasprestasi/pindah tugas orangtua dan tamatan tahun sebelumnya

29 Juni- 02 Juli 2020. Aula dinas pendidikan kota Bengkulu

  • Pendaftaran online jalur zonasi, prestasi afirmasi dan pindah tugas orang tua

29 Juni-02 Juli 2020. Web PPBD

Verifikasi berkas pendaftaran online

29 Juni-02 Juli 2020. Sekolah tujuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"