HONDA

Launching Cantelan, Program Diberi dan Memberi

Launching Cantelan, Program Diberi dan Memberi

BENGKULU - Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA bersama Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Bengkulu melaunching program Cantelan di Kelurahan Berkas Kota Bengkulu, Minggu (28/6) pagi. Program baru ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Cantelan merupakan sebuah program, semua masyarakat juga dapat ikut membantu masyarakat lainnya dengan menyumbangkan kebutuhan-kebutuhan pokok. Kantong berisi kebutuhan pokok ini diletakkan dengan cara digantung pada tempat yang sudah disediakan. Masyarakat dapat langsung mengambil kantong tersebut, ataupun juga ikut membantu menyumbang dengan meletakkan di tempat yang disediakan.

"Kita membuat program bernama Canthelan, itu ada kantong yang berisi kebutuhan harian, bisa sayuran bisa bahan pangan tertentu dengan nilai tertentu, ini dikantong lalu di gantung di tempat tertentu maka dinamakan Canthelan," kata Gubernur Rohidin.

Rohidin menambahkan, tujuan lain dari Cantelan ini adalah untuk memutar roda perekonomian lokal. Bahan pokok yang disumbangkan diupayakan berasal dari masyarakat sekitar. Masyarakat diperbolehkan mengambil 1 kantong untuk 1 keluarga. "Agar juga merata bagi yang lain, jadi selalu saja berpikir Kagama memberi sesuai dengan kemampuan yang kita punyai, masyarakat juga peduli, jangan diambil lebih dari satu, pikirkan keluarga yang lain," tambahnya.

Sementara itu, Ketua RT 01 Kelurahan Berkas, Henri Prasetyo mengungkapkan, program Cantelan ini menjadi motivasi serta pengingat kepada masyarakat khususnya warga RT 01 untuk dapat memberikan manfaat kepada sesama walaupun dari hal kecil. "Insya Allah program ini memberikan motivasi maupun penyemangat baru khususnya warga RT 01 untuk lebih bisa berbagi dalam hal bermanfaat," ungkapnya. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: