HONDA

PPDB Zonasi Libatkan RT

PPDB Zonasi Libatkan RT

BENGKULU - Pascadilaksanakannya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat TK, SD dan SMP di kota Bengkulu melalui jalur afirmasi, prestasi, pindah tugas orang tua, dan tamatan tahun sebelumnya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Bengkulu pun telah membuka PPDB dengan menggunakan jalur zonasi.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu, Nopri Walihan, S.Pd, MM mengatakan berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk pelaksanaan PPDB tahun ini, melibatkan Ketua Rukun Tetangga (RT) setiap kelurahan yang ada di Kota Bengkulu.

"Memang kita melibatkan Ketua RT, supaya memberikan informasi bahwa untuk warga RTnya tidak berduyun-duyun dihari yang sama saat mendaftar PPDB," kata Nopri, kemarin.

Dikatakannya, ini dilakukan untuk menghindari kerumunan di sekolah, sehingga tidak lagi mematuhi protokol kesehatan. Mengingat di Provinsi Bengkulu sendiri, Covid-19 ini telah menjangkiti sebanyak 125 orang.

"Bukan pelayan yang kita dapatkan, namun resiko pandemi yang malah justru muncul. Maksudnya lebih jauh kita ingin bahwa RT," tambahnya.

Ia pun menjelaskan detail mekanisme dari PPDB jalur zonasi yang akan dimulai pada hari ini. Misalnya RT 1,2,3 dalam satu kelurahan itu yang akan bersekolah, di sekolah yang sama. Maka, ketua RT akan membuat jadwal untuk waktu pendaftaran bergiliran, bagi setiap warganya.

"Mungkin hari pertama ada beberapa RT, kemudian hari kedua sekian RT, Sehingga seluruh warga yang ada di kelurahan yang menyanggah satu sekolah itu menjadi terakomodir," tukasnya.

Ia berharap dengan ini agar standar protokol kesehatan dalam PBDB jalur zonasi ini tetap terpenuhi. Dan inilah yang menjadi poin dari yang dimaksudkan dengan melibatkan RT.

"Kita sampaikan kepada RT yang ada di kota Bengkulu ini, kepada warganya yang akan menyekolahkan anaknya supaya tidak berbarengan datang ke sekolah," tukas Nopri.

Untuk diketahui, Pelaksanaan PPDB tingkat TK, SD dan SMP di kota Bengkulu sesuai dengan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB tahun 2019/2020 dimasa pandemi covid-19. Dimana PPDB tahun ini akan dibuka empat jalur, yaitu jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur pindah tugas orang tua.

Di Kota Bengkulu sendiri memiliki daya tampung yang akan diterima tahun ini sebanyak 10.798 siswa. Rincianya 5.534 siswa SMP untuk 175 Rombongan Belajar (Rombel)yang tersebar di 25 sekolah negeri dan 5.264 siswa SD yang akan diterima di 88 sekolah dari 188 rombel yang disiapkan.

"Mulai Senin (hari ini, red) setelah validasi data melalui jalur sebelumnya, sudah kita dapatkan. Maka kita distribusikan ke sekolah, bahwa setiap sekolah mendapatkan siswa dengan ketiga jalur sebelumnya," tutupnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: