HONDA

Lagi, 2.936 Guru Terima TPG, 770 Guru Dapat Tamsil

Lagi, 2.936 Guru Terima TPG, 770 Guru Dapat Tamsil

BENGKULU – Sebanyak 2.936 guru/pengawas/kepala sekolah SMA/SMK/SLB se Provinsi Bengkulu tak lama lagi akan mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan II. Dana transfer dari pusat Rp 31 miliar masuk ke kas daerah, Selasa (30/6), dan langsung diajukan untuk pencairan.

“Alhamdulillah anggaran untuk pembayaran TPG triwulan 2 ini sudah turun tanggal 30 Juni, dan hari ini (kemarin, red) langsung kita ajukan ke bagian keuangan untuk pencairan ke kas daerah,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd melalui Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Multazam, M.Pd.

Lanjut, Operator SIM Pembayaran Arfian Fitriadi, MM ada 2.936 guru/pengawas/kepala sekolah SMA/SMK/SLB se Provinsi Bengkulu yang mendapatkan TPG triwulan II, yaitu April-Juni. Anggaran yang diajukan untuk pencairan sekitar Rp 33 miliar. Pembayaran dari dana transfer TPG triwulan II dan sisa dari pembayaran TPG Triwulan I yang masih ada sekitar kurang lebih Rp 5 miliar. TPG ini akan disalurkan ke rekening guru masing-masing.

“jika TPG triwulan I kita salurkan bertahap, untuk TPG triwulan II ini kita salurkan serentak untuk 2.936 guru/pengawas/kepala sekolah karena SK yang digunakan masih menggunakan SK lama tanpa verifikasi lagi,” terang Arfian.

Sedangkan untuk TPG triwulan III, sambung Arfian, akan mulai kembali diverifikasi akhir Agustus atau awal September tergantung sistem dari pusat. Bagi 109 guru yang gagal mendapatkan SK penerima TPG pada semester I, berpeluang untuk menerima TPG triwulan III dan IV selama kekurangan jam mengajar atau persyaratan lainnya diperbaiki. “Silahkan nanti diajukan ulang, asal jam mengajarnya cukup pasti SK akan turun dari kementerian,” jelas Arfian.

Tak hanya guru pemilik sertifikat pendidik akan menerima TPG, ratusan guru PNS yang belum memiliki sertifikat pendidik juga akan segera menikmati tunjangan tambahan penghasilan (tamsil) atau Dana Tambahan Penghasilan (DTP), sering disebut tunjangan non sertifikasi. Pengajuannya serentak dengan pengajuan penyaluran TPG.

“Ada 770 guru SMA/SMK/SLB se Provinsi Bengkulu yang juga akan mendapatkan tamsil. Terdiri dari guru SMA ada 447 orang, SMK 284 orang dan SLB 39 orang,” tambah Operator SIM Tunjangan Dikbud Provinsi Bengkulu Aruan. (key) Guru SMA Penerima TPG Kabupaten/Kota          Jumlah Bengkulu Selatan        258 Bengkulu Tengah        126 Bengkulu Utara           206 Kaur                            96 Kepahiang                   130 Lebong                        88 Mukomuko                  124 Rejang Lebong            208 Seluma                                    140 Kota Bengkulu            391 Guru SMK Penerima TPG Kabupaten/Kota          Jumlah Bengkulu Selatan        94 Bengkulu Tengah        50 Bengkulu Utara           122 Kaur                            26 Kepahiang                   82 Lebong                        68 Mukomuko                  45 Rejang Lebong            166 Seluma                                    48 Kota Bengkulu            298 Guru SLB Penerima TPG Kabupaten/Kota          Jumlah Bengkulu Selatan        6 Bengkulu Tengah        2 Bengkulu Utara           8 Kaur                            2 Kepahiang                   1 Lebong                        2 Mukomuko                  2 Rejang Lebong            7 Seluma                                    4 Kota Bengkulu            36 Pengawas Penerima TPG Bengkulu Selatan        14 Bengkulu Tengah        7 Bengkulu Utara           3 Kaur                            8 Kepahiang                   9 Lebong                        4 Mukomuko                  8 Rejang Lebong            10 Seluma                                    4 Kota Bengkulu            23

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: