HONDA

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Jangan Memaksa Belajar di Sekolah

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Jangan Memaksa Belajar di Sekolah

BENGKULU – Di awal Juli ini, terjadi penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari catatan Gugus tugas Covid-19 Provinsi Bengkulu jumlah kasus Positif Covid-19 menjadi 130 kasus. Untuk satu tambahan kasus itu, laki-laki usia berusia 60 tahun, warga Kota Bengkulu.

Terkait dengan hal tersebut, Jubir gugus tugas Covid-19 Bengkulu Jaduliwan, SE, MM, mengingatkan dikarenakan bertambahnya kasus positif, sebaiknya untuk sekolah yang masih berada di wilayah zona oranye dan merah agar tidak memaksakan diri untuk beraktivitas.

“Untuk memulai New Normal ini harus secara bertahap, tahun ajaran baru sesuai dengan imbauan dari Kemdikbud RI, bagi sekolah yang di daerahnya masih masuk zona merah dan oranye diminta untuk tidak maksakan diri,” kata Jaduliwan, Kamis (2/7).

 Dikatakannya, bila dipaksakan beraktivitas seperti biasa dikhawatirkan akan dapat membahayakan kesehatan para siswa. Mengingat walupun aktivitas belajar Tahun Ajaran 2020/2021 akan segera dimulai. Sedangkan sekolah yang memang sudah dinyatakan sebagai zona hijau dan sudah bisa siap melakukan aktivitas sekolahnya seperti biasa, wajib menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Karena risikonya memang cukup kecil. Bukan berarti mengabaikan protokol Covid-19,” jelas Jaduliwan.

Untuk diketahui saat ini hanya ada 3 Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang telah ditetapkan sebagai zona hijau. Diantaranya Kabupaten Lebong, Mukomuko dan Seluma. Kendati demikian, sekolah tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk juga mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk mencegah adanya potensi penyebaran virus Covid-19 dimasa pandemi ini.

"Sekolah juga harus siap-siap untuk dinilai apakah sudah memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," imbuhnya. Sementara itu, saat ini Pemprov Bengkulu juga sedang menyiapkan kajian terkait dengan pemetaan risiko wilayah, terhadap kasus epidomologi dari segi fasilitas kesehatan. Ada beberapa tatanan yang sedang dilakukan survei oleh Gugus Tugas. Seperti Perkantoran, Pasar, Hotel, Tempat Wisata, Rumah Makan dan juga Sekolah.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai dan akan kita sampaikan hasilnya," ucap Jaduliwan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si sampai saat ini virus yang berasal dari China tersebut telah menjangkiti sebanyak 130 orang di Provinsi Bengkulu. Dengan rincian untuk pasien sembuh berjumlah 91, sementara pasien yang masih menjalani perawatan ada 10 orang. Kemudian yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 12 orang. (war)

Perkembangan Kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu

Kasus Konfirmasi : 130

Sembuh : 91

Dirawat : 10

Dalam Pengawasan : 17

Meninggal : 12

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 104

Dinyatakan Sehat : 32

Menjadi Konfirmasi : 16

Meninggal : 28

Dirawat : 28

Orang Dalam Pemantaun (ODP) : 955

Proses Pemantaun : 103

Selesai Pemantaun : 852

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: