HONDA

Layani Samsat Drive Thru

Layani Samsat Drive Thru

BENGKULU – Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu memiliki program pelayanan baru, yaitu Samsat drive thru. Pengendara tidak perlu turun dari kendaraannya untuk membayar pajak kendaraan.

Kepala BPKD Provinsi Bengkulu, Noni Yuliesti, mengatakan program pelayanan Samsat drive thru ini berlokasi di depan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu. Pelayanan drive thru ini sementara menggunakan mobil Samsat Keliling (Samling). Tujuan dari program ini dalam rangka mempermudah wajib pajak untuk meningkatkan penerimaan pendapatan khususnya dari sektor pajak kendaraan.

“Wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraannya untuk membayar pajak. Cukup dari atas kendaraan untuk proses pembayarannya,” ujar Noni.

Diakui Noni, dengan adanya pandemi Covid-19 ini pendapatan asli daerah termasuk dari sektor pajak dan retribusi semuanya menurun. Realisasinya sampai saat ini hanya 30 persen sehingga penurunan PAD mencapai sekitar 60-70 persen dibandingkan pendapatan tahun lalu pada bulan yang sama. Kondisi ini bukan hanya terjadi di Provinsi Bengkulu, tetapi dialami secara nasional akibat dampak wabah Covid-19.

“Kita harus mencari cara agar wajib pajak ini kembali membayar pajak. Seperti melakukan pelayanan keliling yang sudah dilakukan kabupaten/kota, juga terbaru Samsat drive thru,” jelasnya.

Noni menambahkan, realiasasi capaian PAD dari target saat ini belum bisa diperkirakan. Pihaknya masih akan melihat kondisi kedepan setelah memasuki new normal. Dirinya berharap ekonomi kembali pulih sehingga PAD dari sektor pajak kendaraan dan retribusi lainnya bisa kembali normal.

“Kalau target kita masih berharap bisa 100 persen, tapi kalau masih dengan kondisi seperti ini, 60-70 persen itu pun kita sudah bersyukur. Nanti dalam APBDP akan kita revisi lagi minta disesuaikan dengan kondisi ssaat ini,” demikian Noni. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: