HONDA

Idul Adha, Siapkan Protokol Covid-19

Idul Adha, Siapkan Protokol Covid-19

BENGKULU - Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah/2020 Masehi. Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah menyampaikan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tengah mempersiapkan  protokol kesehatan pemotongan hewan kurban. Selain itu, pihaknya nanti juga akan mengumumkan protokol kesehatan dalam merayakan Hari Raya Idul Adha yang harus dipatuhi semua pihak.

“Kita tidak mengurai nilai syariat nya dan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Rohidin.

Saat ini pihaknya, tengah mengkoordinasikan dengan jajarannya. Terkait protokol kesehatan untuk pemotongan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini. Dengan adanya protokol kesehatan itu, pihaknya ingin pemotongan hewan kurban dilakukan sesuai syariat, tapi tetap menjaga keamanan penyebaran Covid-19 karena hewan juga memiliki potensi penyebaran virus atau bakteri.

“Sebaiknya menghindari aktivitas kerumunan, tanpa protokol kesehatan yang ketat," tukasnya.

Disisi lain, Ketua Baznas Provinsi Bengkulu Drs. H. Mukhtaridi Baijuri MM, menyampaikan bahwa Rumah Zakat juga akan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang ditentukan oleh Kementerian Pertanian dalam pengelolaan hewan kurban di masa pandemi Covid-19.

Dimana selain memperhatikan aspek syariah dalam mengolah daging hewan kurban pada momentum Hari Raya Idul Adha. “Jadi selain memperhatikan aspek syariah, pengelolaan kurban kita lakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam menerapkan protokol Covid-19, bukan berarti mengurangi nilai syariat dalam berkurban. Mengingat ini merupakan musibah, dan pandemi ini juga diindikasikan dapat mendatangkan kemudharatan. Sehingga dalam melakukan pemotongan hewan kurban nanti. Pihaknya memastikan seluruh kegiatan ini, mengacu pada surat edaran Direktorat Jenderal peternakan dan kesehatan hewan Kementrian Pertanian tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Covid-19.

Ia menjelaskan untuk pengelolaan hewan kurban nantinya, hingga penyembelihan dilakukan di peternakan profesional dengan penerapan protokol kesehatan. Seperti pengecekan suhu badan untuk petugas pemotongan, penerapan physical distanching, penggunaan APD (masker, sarung tangan dan baju khusus), penerapan cuci tangan, hingga penyemprotan disinfektan.

"Proses pengolahan daging kurban menjadi rendang dan kornet juga mengikuti standar kesehatan Covid-19," tutupnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: