HONDA

Jalan Sawah Diperbaiki, Panen Padi 2 Kali Setahun

Jalan Sawah Diperbaiki, Panen Padi 2 Kali Setahun

BENGKULU - Dengan diperbaikinya jalan produksi di areal persawahan Kelurahan Beringin Raya, hasil panen padi petani akan meningkat, bahkan sampai dua kali lipat. Ini disampaikan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu, Noprisman. Alasannya, dengan mulusnya jalan itu, membuat mobilitas petani lebih mudah.

"Baru terealisasi sekarang (perbaikan jalan). Dari keterangan petani disini mereka bermimpi sejak 30 tahun yang lalu untuk perbaikan jalan ini. Alhamdulillah jalan ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Yang sebelumnya petani disini hanya bisa panen sekali dalam setahun," kata Noprisman, kemarin.

Sekarang petani sawah Beringin Raya, bisa panen dua kali dalam setahun. Ini dikarenakan sebelumnya, untuk pengangkut padinya itu menggunakan jasa angkut, dan memerlukan upah. Sekarang motor mobil semuanya sudah bisa masuk ke areal persawahan.

"Tidak memerlukan upah tambahan untuk jasa angkutan. Anggaran 5 miliar untuk perbaikan  jalan ini sampai ke pengerasan," tambahnya.

Terkait pembangunan jalan itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan pun kemarin, telah meninjau lokasi pembangunan jalan dengan lebar 8 km dan panjang 1,5 km tersebut. Ia mengatakan meskipun dalam kondisi Covid-19. Pihaknya harus tetap membangun dan bekerja demi mencapai visi misi Walikota Bengkulu untuk memberikan kebahagiaan di tengah-tengah masyarakat.

"Kita tetap membangun, kita tetap bekerja. Petani juga tetap bekerja karena tidak mungkin kita di rumah saja selama-lamanya. Jalan yang dibangun ini mudah-mudahan ada manfaatnya bagi yang punya sawah di sini sehingga bisa memberikan kemanfaatan dan kebahagiaan,” kata Helmi.

Untuk diketahui, untuk pengerasan jalan sepanjang 1,5 km itu dikerjakan dikerjakan melalui program kerja bakti TNI AD bekerjasama dengan Pemkot Bengkulu.

Terpisah, Danramil Muara Bangkahulu AKP. Togatorop yang mewakili Dandim 0407/Bengkulu, menyampaikan untuk pembukaan jalan ini berawal dari pengajuan masyarakat setempat. Kemudian dikerjakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu bekerjasama dengan TNI melalui kegiatan karya bhakti. "Proses pengerjaannya kurang lebih 5 bulan,” ucap Togatorop.

Disisi lain, Ketua RW 2 Kelurahan Beringin Raya, Usman menyampaikan rasa syukurnya kepada semua pihak yang sudah menbantu dan peduli dengan masyarakat petani. Sehingga dapat merealisasikan pembangunan jalan di sana.

“Jalan ini Alhamdulillah sekarang sudah terealisasi. Dengan adanya jalan ini warga kami di sini sangat terbantu,” kata Usman. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: