HONDA

SKB Dimulai September, Peserta Dianjurkan Isolasi Mandiri

SKB Dimulai September, Peserta Dianjurkan Isolasi Mandiri

BENGKULU – Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tes CPNS formasi 2019 dijadwalkan akan dilaksanakan pada September-Oktober mendatang. Pelaksanaan SKB dengan Computer Asissted Test (CAT) wajib mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Informasi Kepegawaian (PPIK) Rufran, menerangkan, jadwal terbaru pelaksanaan SKB dikeluarkan MenPAN-RB pada September-Oktober. Sedangkan untuk tanggal pelaksanaannya masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia seleksi nasional (Panselnas).

“Sudah ada surat dari MenPAN-RB untuk melanjutkan pelaksanaan SKB. Jadwalnya September-Oktober, dan pengumuman hasil seleksi akhir Oktober,” kata Rufran.

Di dalam surat MenPAN-RB tersebut, sambung Rufran, bahwa seluruh pelaksanaan SKB wajib memperhatikan pedoman dan/atau protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah pusat dan daerah. Protokol kesehatan terbaru yang wajib diikuti tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dengan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020.

“BKN juga sudah mengeluarkan SOP tentang prosedur penyelenggaraan CAT dengan protokol kesehatan. SOP ini pastinya akan menjadi perhatian dan prioritas kita nantinya,” tukas Rufran.

Berdasarkan SOP tersebut, terang Rufran, bagi peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi. Peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi, wajib menggunakan masker menutupi hidung, mulut hingga dagu. Jika diperlukan penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker, tetap memperhatikan jaga jarak meinimal 1 meter dengan orang lain, menjaga kebersihan tangan dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.

Lalu membawa alat tulis pribadi, peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu 37 derajat atau lebih diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian ditempat terpisah dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah. Peserta seleksi yang berasal dari wilayah berberbeda dengan lokasi ujan mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Untuk tanggal pasti pelaksaan SKB ini masih perlu kita koordinasikan kembali dengan pusat. Peserta seleksi wajib hadir 60 menit sebelum seleksi dimulai. Untuk lokasi karena lokasi awal di Unib dan sudah kontrak, kemungkinan besar tetap di Unib,” demikian Rufran.

Untuk diketahui peserta SKB tes CPNS Pemprov Bengkulu berjumlah 79 orang. Hasil dari seleksi CAT SKD dan perangkingan peserta SKD yang mencapai 646 orang. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: