HONDA

Operasi Patuh Nala, Masyarakat Harus Tertib Lalu Lintas dan Bermasker

Operasi Patuh Nala, Masyarakat Harus Tertib Lalu Lintas dan Bermasker

BENGKULU - Jajaran kepolisian mulai melaksanakan Operasi Patuh Nala yang akan dilaksanakan 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini Operasi Patuh Nala dan pengamanan Hari Raya Idul Adha ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kali ini selain menyasar keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lantas (Kamseltibcar Lantas) juga menertibkan para pengendara untuk mematuhi protokol kesehatan. Seperti menjaga jarak saat berada di traffic light dan menggunakan masker saat berkendara. Dalam operasi ini, menerjunkan sebanyak 360 personel Polda Bengkulu dengan dibantu stakeholder terkait.

"Kegiatan operasi ini dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar Lantas sehingga diharapkan masyarakat mematuhi tata tertib lalu lintas. Dalam operasi ini selain penindakan hukum juga mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan persuasif," kata Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Teguh Sarwono, M.Si kepada wartawan usai apel gelar pasukan di lapangan apel Mapolda Bengkulu, Kamis (23/7).

Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Pol Budi Mulyanto mengutarakan, jika kegiatan ini selain dengan target terciptanya kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas juga terselenggaranya pencegahan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. "Penegakan hukum ini berorientasinya adalah terkait segala sesuatu hal yang berpotensi korban Lakalantas seperti halnya berkendara dengan berbonceng tiga, membawa muatan lebih serta penindakan hukum terhadap balap liar," kata Budi Mulyanto.

Masyarakat yang berkendara diwajibkan menggunakan masker dan apabila ditemukan pengendara yang tidak menggunakan masker akan ditegur dan diberikan sanksi sosial. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: