HONDA

Tingkatkan Produktivitas, Salurkan 14.500 Benih Padi

Tingkatkan Produktivitas, Salurkan 14.500 Benih Padi

BENGKULU - Sebagai upaya meningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian tanaman pangan di Kota Bengkulu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu, Syahrul Tamzie menyampaikan telah menyalurkan bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian kepada kelompok tani di Kota Bengkulu.

Ia mengatakan tujuan dari pemberian bantuan itu adalah untuk memfasilitasi tumbuh dan perkembangan usaha tanaman pangan di kota ini.

“Kita harapkan pembangunan pertanian tanaman pangan berorientasi pada peningkatan produksi, ketersediaan dan kualitas hasil,” kata Syahrul, kemarin.

Dikatakannya, dengan berkembangnya usaha tanaman pangan, maka para petani mampu menghasilkan produksi terbaik dari hulu sampai hilir. Sehingga hasil panennya pun dapat memenuhi harapan para petani itu. “Maka dari itu, untuk meningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas benih,” ucap Syahrul.

Sebelum penyaluran benih padi ini, lanjutnya, pihaknya terlebih dahulu mengusulkan bantuan benih padi ke Kementerian Pertanian. “Ya, sebelum penyaluran benih ini kita telah mengusulkan bantuan sebanyak 14.500 kilogram benih padi melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu ke Kementerian Pertanian Republik Indonesia,” jelasnya.

Dengan 14.500 kilogram benih padi itu, ia menjelaskan bantuan benih padi itu, dapat disalurkan untuk kapasitas 580 hektar sawah. “Kita telah menyalurkan ke kelompok tani sebanyak 10.750 kg benih dengan varietas Situbagendit untuk 430 hektar," imbuhnya.

Sementara untuk 150 hektar di Kecamatan Singaran Pati mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 3.750 kg.

“Dan benih ini sudah disalurkan kepada 46 kelompok tani di 6 Kecamatan,” tutup Syahrul.

Di sisi lain, salah satu petani, Burhan mengatakan pihaknya berterima kasih atas adanya bantuan ini. Pasalnya dampak dari pandemi ini menyebabkan usaha bertani mereka terdampak. Selain kesulitan dalam pemupukan, ia mengkhawatirkan dengan adanya beberapa hama yang mengganggu tanaman padi itu.

“Alhamdulillah, ada bantuan benih ini. Semoga dengan benih ini bisa menghasilkan kualitas panen yang baik," tukasnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: