HONDA

Jelang Idul Adha, Dispangtan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Dispangtan Cek Kesehatan Hewan Kurban

BENGKULU - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispagtan) Kota Bengkulu, Selasa (28/7) melakukan pengecekan hewan kurban di beberapa tempat penjualan hewan kurban di Kota Bengkulu. Pengecekan dilakukan untuk mengontrol ketersediaan hewan kurban yang sehat dan memenuhi syarat menjelang pemotongan hewan kurban pada Idul Adha mendatang. Kabid Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bengkulu, Hauliantua Pohan mengatakan, pengecekan akan dilakukan di 13 tempat peternakan dan penangkaran hewan kurban yang akan dicek tim dari Dispangtan Kota Bengkulu hingga 3 hari ke depan.

"Pengecekan kita lakukan untuk hewan kurban baik kambing, sapi maupun kerbau. Point pengecekan kita lakukan pada umur, kelayakan, kesempurnaan fisik serta kesehatan hewan. Untuk umur layaknya kurban pada kambing di umur 1 tahun, dan sapi 2 tahun. Untuk kesehatan kalau ada temuan ternak yang sakit dan cacat akan kita minta peternak tidak menjualnya dan diasingkan terlebih dahulu," terangnya.
Ditambahkannya pihaknya juga mengimbau pedagang hewan kurban untuk tidak menjual hewan yang tidak sesuai syarat. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan pada saat pemotongan hewan kurban di masjid-masjid yang menyelenggarakan pemotongan di Kota Bengkulu. Sementara itu, data jumlah hewan kurban Idul Adha 1441 H berjumlah 1.634 ekor dengan rincian 9 ekor kerbau, 1.514 ekor sapi, dan 110 ekor kambing yang tersebar di 9 kecamatan di Kota Bengkulu. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: