HONDA

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Sapi dan Kambing Masih Stabil

Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Sapi dan Kambing Masih Stabil

BENGKULU - Jelang Idul Adha 1441 H, harga hewan kurban kambing maupun sapi masih dalam kondisi stabil di tingkat peternak. Namun dalam masa pandemi Covid-19 ini, pembelian hewan kurban mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

Salah satu peternak kambing, Dardiri mengatakan, pada Idul Adha tahun ini harga ternak kurban tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Harga ternak yang ditawarkan berbeda sesuai dengan berat hewan ternaknya.

"Untuk harga jual kambing itu bervariasi, di harga Rp 2 juta hingga Rp 2,7 juta. Kalau dibandingkan tahun kemarin mengalami kerugian sekitar 30 persen mungkin, namun belum final, kalau nanti H-1 menjelang Idul Adha tidak ada penambahan artinya pengurangan sekitar 30 persen," ungkapnya, Selasa (28/7).

Sementara itu, untuk penjualan hewan ternak sapi dan kerbau juga mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu peternak sapi, Tamrin HS menjelaskan, harga jual untuk ternak sapi masih mengikuti harga tahun lalu.

"Harga sapi bervariasi tergantung jenis dan berat badan. Untuk sapi Bali dari harga Rp 14 juta hingga Rp 20 juta. Untuk sapi Limousin di harga Rp 23 juta hingga Rp 30 juta, begitu juga kerbau dari harga Rp 18 juta hingga Rp 35 juta," terangnya.

Meski harga hewan ternak tidak mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya, namun untuk penjualan hewan ternak kurban mengalami penurunan dibandingkan Idul Adha tahun lalu. Akan tetapi minat pembelian hewan ternak kurban masih cukup tinggi, terbukti beberapa masjid di Kota Bengkulu pada Hari Raya Idul Adha mendatang tetap akan melakukan pemotongan hewan kurban, dan membeli hewan kurban dari stok peternak yang ada di Kota Bengkulu. (tok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: