HONDA

Tidak Ada Penerimaan CPNS

Tidak Ada Penerimaan CPNS

BENGKULU - Penerimaan CPNS formasi tahun 2020 ditiadakan. Tahun ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu hanya melanjutkan pelaksanaan tes CPNS formasi tahun 2019, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang sempat tertunda dikarenakan adanya wabah Covid-19.

“Positif tidak ada formasi 2020. Hanya ada pelaksanaan SKB formasi 2019. Itu informasi yang kita terima, dan berlaku juga secara nasional bukan untuk Bengkulu saja,” kata Kepala BKD Provinsi Bengkulu Diah Irianti kepada Rakyat Bengkulu, Selasa (28/7).

Peluang Provinsi Bengkulu untuk kembali merekrut CPNS, sambung Diah, itu cukup besar. Mengingat sudah banyak ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu yang pensiun dan memasuki masa pensiun. Tahun ini saja jumlah ASN pensiun mencapai lebih dari 300 ASN sedangkan tahun depan bertambah lagi di atas 400 ASN. Sehingga bila ada kebijakan perekrutan CPNS kembali dari pemerintah pusat, usulan dari pemprov berpeluang untuk diakomodir.

“Sebenarnya tahun ini kita sudah menyampaikan usulan formasi tambahan ada kurang lebih sekitar 300 formasi. Tapi karena tidak ada penerimaan formasi 2020, nanti akan diakumulasi pada tahun selanjutnya,” beber Diah.

Diah menerangkan, usulan formasi masih didominasi tenaga guru, medis dan tenaga teknis tertentu sesuai dengan kebutuhan pemprov. Karena ASN pensiun pun didominasi oleh tenaga guru dan beberapa tenaga teknis tertentu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Kita selalu mengusul setiap tahun karena memang butuh. Sedangkan untuk pelaksanaan tergantung pusat. Kalau memang kembali dibuka, peluang kita lebih besar untuk menggelar tes CPNS,” tegas Diah.

Kartu Dicetak Ulang

Kabid Pengadaan Pemberhentian Informasi Kepegawaian (PPIK) Rufran, menambahkan Badan Kepegawain Negara (BKN) sudah mengeluarkan jadwal pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS formasi 2019. Dimulai dari verifikasi data hasil SKD 27-30 Juli, pengumuman dan pendaftaran ulang SKB 1-7 Agustus, pencetakan kartu ujian SKB 8 Agustus, pelaksanaan SKB 1 September-12 Oktober.

Lalu pengolahan hasil SKD dan SKB 8-18 Oktober, rekon integrasi hasil SKD dan SKB 19-23 Oktober, penyampaian hasil seleksi 26-28 Oktober, pengumuman hasil seleksi 30 Oktober, dan usul penetapan NIP 1-30 November. “Untuk jadwal SKB Pemprov Bengkulu, masih kita koordinasikan lagi dengan pusat. Nanti akan kita umumkan tanggal 18 Agustus sesuai jadwal dari BKN,” jelas Rufran.

Untuk diketahui peserta SKB tes CPNS Pemprov Bengkulu berjumlah 79 orang. Hasil dari seleksi CAT SKD dan perangkingan peserta SKD yang mencapai 646 orang. Sebelumnya SKD digelar di kampus Universitas Bengkulu (Unib). Sehingga kemungkinan besar lokasi SKB tetap digelar di kampus Unib.

“BKN juga sudah mengeluarkan SOP tentang prosedur penyelenggaraan CAT dengan protokol kesehatan. SOP ini pastinya akan menjadi perhatian dan prioritas kita nantinya,” tegas Rufran.

Berdasarkan SOP tersebut, terang Rufran, bagi peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi. Peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi, wajib menggunakan masker menutupi hidung, mulut hingga dagu. Jika diperlukan penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker, tetap memperhatikan jaga jarak meinimal 1 meter dengan orang lain, menjaga kebersihan tangan dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan/atau menggunakan handsanitizer.

Lalu membawa alat tulis pribadi, peserta seleksi dengan hasil pengukuran suhu 37 derajat atau lebih diberikan tanda khusus dan mengikuti ujian ditempat terpisah dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah. Peserta seleksi yang berasal dari wilayah berberbeda dengan lokasi ujan mengikuti ketentuan protokol perjalanan yang ditetapkan oleh pemerintah. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: