HONDA

Jelang Idul Adha, Harga Sembako Stabil

Jelang Idul Adha, Harga Sembako Stabil

BENGKULU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita Saiful menyampaikan menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, untuk harga komoditas bahan makanan pokok atau sembako masih relatif stabil. Ini diketahui dari laporan para enumerator, yang setiap harinya melakukan pengecekan harga di pasar.

"Sampai saat ini harga pangan relatif stabil, hanya ada satu bahan pangan yang harganya naik yakni daging ayam ras," kata Yenita, Selasa (28/7).

Jika mengacu pada tahun sebelumnya, harga bahan pokok biasanya akan mengalami kenaikan pada H-1 Idul Adha.

"Kami terus memantau, ini untuk antisipasi apabila terjadi lonjakan harga," tambahnya.

Sementara, untuk operasi pasar menjelang Idul Adha, pihaknya belum merencanakannya, lantaran belum adanya kenaikan harga sembako.

Pasalnya berdasarkan pemantau dari enumerator. Diketahui untuk harga bahan pokok masih stabil hingga kemarin. Kendati demikian, ia menjelaskan tidak menutup kemungkinan apabila ke depannya ditemukan bahan pokok, yang harganya melambung tinggi. Maka pihaknya akan langsung melakukan operasi pasar.

“Apabila nanti mengalami kenaikan kita akan lakukan operasi pasar, akan kita koordinasikan dengan Bulog dan Satgas Pangan untuk mengantisipasi itu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dari pantauan harga Selasa (28/7) untuk harga gula sebesar Rp 14 ribu per kilogram, harga ayam Rp 30 ribu per kilogram, harga bawang merah Rp 27 ribu per kilogram, cabai merah Rp 27 ribu per kilogram, daging sapi harganya Rp 120 ribu per kilogram, telur ayam Rp 24 ribu, dan untuk harga bawang putih Rp 16 ribu per kilogramnya. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: