HONDA

Anak Positif Covid-19 Bertambah

Anak Positif Covid-19 Bertambah

BENGKULU – Jumlah kasus anak terkonfirmasi positif Corona Virus Disease-19 (Covid) di Provinsi Bengkulu bertambah, menjadi 22 kasus. Ada 1 kasus baru dirilis oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Rabu (29/7) yaitu anak usia 9 tahun warga Kota Bengkulu. Dari total 22 kasus ini, rata-rata sudah dinyatakan sembuh.

“Tidak ada kasus anak positif Covid-19 yang meninggal. Rata-rata sudah dinyatakan sembuh, dan masih 5 anak lagi yang masih postif itupun semuanya melakukan isolasi mandiri tidak ada yang dirawat di rumah sakit,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni kepada RB.

Kelima kasus anak positif covid-19 ini, sambung Herwan, yaitu kasus 201 anak laki-laki usia 16 tahun warga Kabupaten Lebong. Lalu kasus 205 seorang anak laki-laki umur 16 tahun warga Kota Bengkulu, dua bersaudara yaitu kasus 206 anak laki-laki umur 1 tahun warga Kota Bengkulu, kasus 207 anak perempuan umur 10 tahun warga Kota Bengkulu, dan kasus 211 anak perempuan umur 9 tahun warga Kota Bengkulu. “Tidak ada kasus anak positif yang dirawat, semuanya melakukan isolasi mandiri,” beber Herwan.

Herwan menerangkan kasus anak-anak ini sebagian besar tertular dari orangtuanya. Untuk menekan angka kasus anak ini dirinya mengingatkan kepada orangtua untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anaknya. Sehingga jangan sampai tertular baik dari orangtua maupun dari lingkungan sekitarnya.

“Di tengah new normal ini kita harus tetap mengedepankan protokol masker. Gunakan masker ketika di luar. Jaga anak-anak kita, lindungi anak kita jangan sampai tertular baik ketika berada di rumah atau sedang di luar rumah,” imbuh Herwan.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu Jaduliwan menambahkan, per Rabu (29/7) ada penambahan kasus konfirmasi positif berjumlah 2 orang. Terdiri dari, kasus 211 seorang perempuan usia 9 tahun warga kota Bengkulu memiliki kontak erat dengan kasus 195, dan tidak memiliki keluhan. Saat ini melakukan isolasi mandiri.

Lalu kasus 212, yaitu seorang laki-laki umur 60 tahun warga Kota Bengkulu dengan keluhan demam, dan batuk. Saat ini dirawat di RSUD, M.Yunus Bengkulu. Disamping penambahan kasus positif, kasus sembuh juga bertambah. Kemarin 1 orang dinyatakan sembuh sehingga total kasus sembuh berjumlah 118 orang.

"Konfirmasi positif covid 19 yang dilaporkan sembuh hari ini berjumlah 1 orang, yaitu Kasus 137 dari Kota Bengkulu,” jelas Jaduliwan.

Sedangkan untuk kasus PDP, jumlah keseluruhannya ada 134 kasus. Meliputi,  jumlah PDP yang dinyatakan sehat 32, jumlah PDP menjadi konfirmasi ada 20, Jumlah PDP proses pengawasan/dirawat sebanyak 52. Kemudian total ODP sebanyak 1008 dengan jumlah ODP selesai pemantauan 967, dan ODP masih dalam pemantauan 41. “Hari ini (kemarin, red) tidak ada jumlah tambahan PDP maupun ODP yang dilaporkan,” terang Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu ini.

Pihaknya juga kembali mengingatkan dan mengajak masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan covid-19 dikarenakan wabah virus covid-19 di Bengkulu masih belum usai. “Gunakan masker pada saat diluar ruangan, sering cuci tangan, tetap menjaga jarak terutama saat kita bersosialisasi," pungkas Jaduliwan. (key)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: