HONDA

Berikan Teladan, Selesaikan Pendidikan Doktoral

Berikan Teladan, Selesaikan Pendidikan Doktoral

BENGKULU - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Musi Rawas Utara Ir. H. Suharto, MM mengikuti ujian promosi doktor, Program Doktor Ilmu Manajemen Fakulltas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Bengkulu (Unib). Ujian digelar Selasa (18/8) pukul 09.00 WIB hingga selesai melalui cara daring dengan aplikasi Zoom.

Pria yang akrab disapa Pak Haji ini, membawakan judul disertasi Perencanaan Partisipatif Sebagai Alternatif dalam Pembangunan di Indonesia dengan Promotor Prof. Dr. Kamaludin, SE, MM. Tampil menjadi Co Promotornya adalah Dr. Fachruzzaman, SE, M.D.M, Ak.CA, CPA dan Dr. Muhartini Salim, SE, MM. Sedangkan yang menjadi penguji adalah Prof. Dr. Nasir Aziz, SE, MBA (penguji eksternal), Dr. Fitri Santi, SE, MSM (penguji 1), Dr. Baihaqi, SE, M.Si Ak.CA (penguji 2), dan Dr. Husaini, SE, M.Si Ak.CA (penguji 3).

Kepada Rakyat Bengkulu, Suharto yang lahir di Lubuklinggau 17 Maret 1964 itu mengaku bersyukur karena berhasil menapaki tapak akhir dari cita-cita menuntaskan studi dalam bidang ilmu Manajemen Strategik yang sudah lama dicintainya untuk strata akademik tertinggi dari Universitas Bengkulu. Ia mengatakan, termovitasi untuk kuliah untuk memenuhi persyaratan akademik sebagai dosen di Universitas Musi Rawas Lubuklinggau. Selain itu juga untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kondisi sosial ekonomi sebagai birokrasi.

"Dan yang paling penting memberikan teladan dan inspirasi untuk anak-anak, karena orangtuanya masih bersemangat untuk melanjutkan pendidikan sampai Doktor (S3) walaupun di usia senja," jelasnya.

Mengusung motto lebih baik berjuang kuliah Doktor (S3) hingga selesai daripada hidup dalam mimpi dan berandai-andai, membuat suami dari Hj. Helda Suryati, SE membulatkan tekad mendaftar S3 ke Universitas Bengkulu kisaran 5 tahun lalu. Meski ia harus kuliah sambil bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Musi Rawas Utara, sehingga kesibukan yang padat, dan harus pintar mengatur waktu agar kedua kegiatan yang direncanakan bisa berjalan baik. "Alhamdulillah berkat bimbingan dosen-dosen di Unib, semua itu bisa kita lalui dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi S3 Ilmu Manajemen FEB Universitas Bengkulu Prof. Dr. Kamaludin, SE, MM mengaku bahagia lantaran sosok bimbingannya bisa selesai hingga tahap akhir menuju ujian S3. Ia menambahkan, ujian memang masih digelar secara daring mengingat ujian tatap muka sampai saat ini masih belum bisa dilaksanakan karena terkendala pandemi Covid-19 yang belum reda. "Tapi insya Allah kualitas ujiannya tetap baik dan sama dengan cara tatap muka karena semua panitia telah menyiapkan tata cara dengan matang," pungkasnya. (iks)

Biodata

Nama: Ir. H. Suharto, MM Tempat Tanggal Lahir: Lubuklinggau 17 Maret 1964 Pekerjaan: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Musi Rawas Utara Nama Istri: Hj. Helda Suryati, SE Anak: M. Hardianto Pratama, SH, M. Dwiyanto Ade Putra (mahasiswa), Oktavia Salsadillah Putri (pelajar) Alamat: Jalan Jenderal Sudirman RT 05, No 62, Kelurahan Jogoboyo, Lubuklinggau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: