HONDA

Babinpotmar Dikukuhkan Danlanal Bengkulu

Babinpotmar Dikukuhkan Danlanal Bengkulu

BENGKULU - Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi pada Selasa (18/8) pagi melakukan pengukuhan terhadap 15 Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar). Kegiatan dilaksanakan di Aula Lanal Bengkulu yang dihadiri para perwira, bintara dan tamu undangan lainnya.

Babinpotmar ini hampir sama dengan Babinkamtibmas Polri dan juga Babinsa TNI AD, hanya saja untuk Babinpotmar ini lebih fokus terkait dengan kemaritiman. Danlanal mengatakan, ada beberapa tugas-tugas pokok dari Babinpotmar ini. Pertama, melaksanakan fungsi pembinaan potensi maritim dan bertugas dalam penyuluhan bidang pertahanan laut, serta pengawasan fasilitas dan prasarana pertahanan di pesisir.

Kedua, melatih dan memberikan penyuluhan dalam bidang pertahanan laut demi terlaksananya kegiatan komponen cadangan dan komponen dukungan. "Ketiga, mendukung perencanaan, penyusunan dan pengembangan, pengerahan, serta pengendalian potensi maritim dengan menyesuaikan geografi, demografi serta kondisi sosial untuk dijadikan sebagai ruang, alat dan kondisi juang demi kepentingan pertahanan negara," terang Yustus, Selasa (18/8).

Selanjutnya, tugas yang keempat, memberikan penyuluhan kesadaran bela negara dan pembangunan dibidang kemaritiman. Dan kelima, membina dan mengembangkan potensi maritim baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia (nelayan dan insan maritim lainnya) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat maritim.

Dari pantauan, pelaksanakan pengukuhan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta upacara menggunakan masker dan tetap mengedepankan physical distancing. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan suhu badan sebelum masuk ke dalam ruangan. (zie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: