HONDA

Pastikan Penerapan Program 3 in 1 Duka Cita Berjalan Baik

Pastikan Penerapan Program 3 in 1 Duka Cita Berjalan Baik

BENGKULU - Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, Selasa (1/9) melakukan pengecekan langsung di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu. Kunjungan tersebut guna melakukan pemantauan terkait program inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam kepengurusan administrasi dan kependudukan (Adminduk) kematian yakni program 3 in 1 duka cita yang diluncurkan Dukcapil Kota Bengkulu.

"Kunjungan kita ini, untuk memastikan pelayanan yang ada di Dukcapil berjalan dengan baik. Apalagi saat ini sudah ada program 3 in 1 yang memudahkan jika ada warga kita meninggal. Ini ditujukan untuk mempermudah urusan administrasi tanpa harus repot-repot ke sana kemari. Nantinya selang 3 hari surat kematiannya dikeluarkan sekaligus kartu keluarga baru yang akan diurus langsung oleh lurah setempat yang akan berkoordinasi dengan kantor Dukcapil," ungkap Wawali.

Ditambahkannya, ia berharap Dukcapil dapat konsisten dalam pelayanan. Pelayanan dapat dilakukan secara maksimal agar program tersebut dapat menjadi contoh oleh instansi lain.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil Dukcapil Kota, Widodo mengatakan, standar pelayanan di Dukcapil adalah penilaian dari setiap kunjungan Wawali. Pihaknya akan berkomitmen untuk melakukan pelayanan dengan konsisten.

"Kita senang dikunjungi dan begitu dipedulikan. Pak Wawali bertekat bahwa Dukcapil adalah OPD yang akan paling sering dikunjungi, apalagi dengan adanya program aplikasi 3 in 1 ini memang sudah kita gunakan. Kita merasa sangat dipedulikan tetapi jujur kesuksesan suatu program sangat dipengaruhi oleh support anggaran, dukungan sarana dan prasarana untuk mengoptimalkan program ini," jelasnya. (tok/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: