HONDA

Janji Segera Tertibkan Gepeng

Janji Segera Tertibkan Gepeng

BENGKULU - Satuan Polisi (Satpol) Kota Bengkulu berjanji akan segera menertibkan gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang mulai marak keberadaannya di persimpangan. Modusnya pun beragam, ada yang jadi badut, mengamen dan juga mengecat tubuhnya dengan harapan mendapat rupiah dari pengendara.

Keberadaan gepeng yang kerap membawa anak di bawah umur, bahkan ada juga yang dilakukan oleh anak bawah umur tentu sangat berbahaya bagi keselamatan gepang itu sendiri. Terutama bagi kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi, saat traffic light sudah bewarna kuning.

Bahkan, tak jarang juga para Gepeng ini beraksi hingga malam hari, yang tentu sangat membayakan keselamatan mereka dan juga pengendara karena minimnya lampu penerangan. “Semakin banyak saja Gepeng di simpang-simpang sekarang,” kata Agus salah seorang pengendara yang melintas di Jalan Kapuas Raya Lingkar Barat.

Kepala Kantor (Kakan) Satpol PP Provinsi Bengkulu Murlin Hanizar menegaskan selama masyarakat merasa resah dengan kehadiran gepeng ini, maka pihaknya siap akan segera menertibkan para gepeng tersebut. Menurut dia personel akan bergerak, saat  meningkatnya keresahan di masyarakat atas ulah Gepeng ini. Hanya saja kata dia, persoalan Gepeng ini tak sebatas menertibkan saja.

“Paska penertibannya ini harus dipikirkan juga,” jelasnya.

Salah satunya adalah mau dikemanakan para Gepeng ini setelah ditertibkan. Namun lebih baik bila mereka diberikan pelatihan kerja, dengan harapan tidak lagi turun ke jalan-jalan. “Mereka ini manusia juga yang perlu ditangani secara manusiawi, jadi tidak cukup hanya sekadar ditertibkan saja,” demikian Murlin. (iks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: