HONDA

Cuaca Terik “Payungi” Bengkulu

Cuaca Terik “Payungi” Bengkulu

BENGKULU - Cuaca di wilayah Provinsi Bengkulu beberapa hari  ini terasa lebih terik dari biasanya. Suhu terasa lebih panas dibanding saat baru masuk periode September lalu. Keadaan panas ini hampir merata di wilayah baik kawasan Pegunungan maupun pesisir.

Forcaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu  Harris Syahid Hakim mengatakan  cuaca panas terjadi lebih disebabkan karena kondisi cuaca lebih cerah dari biasanya. Awan-awan yang biasa menghalangi sinar matahari mengenai daratan, tidak ada. Dengan begitu membuat penyinaran matahari lebih full menerpa daratan.

"Ini yang membuat udara terasa lebih menyengat," jelasnya kepada Rakyat Bengkulu.

Keadaan itu membuat seolah-olah besaran suhu melebihi dari keadaan biasa. Saat ditanya apakah keadaan ini merupakan sebuah gangguan iklim atau cuaca yang sering menerpa wilayah Bengkulu, diakui memang terjadi sedikit gangguan di atas wilayah Indonesia terutama di wilayah bagian Utara Indonesia, berupa tertariknya massa udara ke wilayah yang terdampak.

Keadaan ini memicu wilayah Utara Indonesia lebih banyak awan-awan hujan dan di wilayah Provinsi Bengkulu kering alias. "Namun untuk  hari ini (kemarin, red) dan beberapa hari ke depan sudah cukup banyak awan, jadi tidak lebih dari hari lalu,’’ urainya.

Untuk saat ini perlahan-perlahan keadaannya mulai berangsur normal, sudah ada terjadi hujan terutama dibeberapa wilayah Provinsi antara lain wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) ,  Rejang Lebong (R/L) dan Bengkulu Tengah. Wilayah  Beng kulu beberapa hari kedepan akan kembali diuguyur hujan, dikarenakan beberapa hari lalu tidak ada turun hujan.

"Hanya hujan nanti tidak merata turunnya," pungkasnya.  Beberapa wilayah yang akan mendapat hujan diperkirakan wilayah Mukomuko, Bengkulu Utara, L:ebong, Rejang Lebong Bengkulu Tengah dan Seluma. (iks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: