HONDA

Akreditasi Puskesmas Ditargetkan Naik Tingkat

Akreditasi Puskesmas Ditargetkan Naik Tingkat

BENGKULU – Puskesmas yang ada di Kota Bengkulu terus berbenah dan meningkatkan pelayanan sesuai standar  yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Di Kota Bengkulu ada 22 Puskemas dan diantaranya baru ada 2 Puskesmas yang memiliki Akreditasi Utama, yakni  Puskesmas Jalan Gedang dan Puskesmas Pasar Ikan.

Untuk tahun ini beberapa Puskesmas ditargetkan naik tingkat selevel dua Puskesmas tersebut. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, Susilawaty, S.Sos, SKM, M.Kes  mengatakan untuk di Provinsi Bengkulu belum ada Puskesmas yang memiliki akreditasi paripurna, hanya dua Puskesmas Jalan Gedang dan Puskesmas Pasar Ikan yang memiliki akreditasi utama setingkat di bawah akreditasi paripurna.

“Tahun ini kita targetkan sekitar 6 Puskesmas naik tingkat selevel akreditasi utama, karena untuk mencapai akreditasi paripurna harus melewati akreditasi utama terdahulu,” jelasnya.

Dia menjelaskan untuk mendapatkan akreditasi paripurna harus memiliki standarisasi yang telah ditetapkan. Semua pelayanan harus memiliki standar yang bertujuan memuaskan masyarakat, hak-hak pasien, hingga tidak ada celah yang membuat pasien mengeluh dan semua pelayanan yang terbaik.

“Saat ini beberapa Puskesmas akreditasinya sedang berjalan, selain kita mengejar target akreditasi, kita juga tetap fokus menekan angka positif Covid-19,” terangnya.

Ditambahkannya saat ini di Kota Bengkulu ada tiga jenis Puskesmas yakni Puskesmas yang buka sesuai jam kerja, Puskesmas Rawat Inap dan Puskesmas Pembantu. Ada beberapa Puskesmas juga dipersiapkan untuk perawatan pasien Covid-19. “Insya Allah semua Puskesmas kita semuanya memenuhi standar dan bisa memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” sampainya. (juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: