HONDA

Masa Pandemi, Pencari Kerja Menurun

Masa Pandemi, Pencari Kerja Menurun

BENGKULU – Permintaan kartu kuning atau calon pelamar kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bengkulu mulai Januari-Agustus atau selama masa pandemi Covid-19 tercatat mengalami penurunan.

Diketahui, selama kurun waktu  8 bulan itu ada 245 orang pencari kerja dengan latar belakang pendidikan dari SD hingga S2. Kasi Penempatan dan Pelatihan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bengkulu, Dra. Zuryani, mengakui, selama 8 bulan ini, memang terjadi penurunan permintaan kartu kuning. Menurutnya, dalam satu tahun, jumlah pencari kerja bisa mencapai seribu orang.

 Namun saat ini jumlahnya berkurang hanya 245 orang saja. “Karena ada Covid-19 ini, lowongan perkerjaan tidak ada yang buka. Jadi masyarakat yang mengambil kartu kuning juga tidak ada,” jelasnya.

Pada Bulan Januari ada 42 laki-laki dan perempuan yang mengambil kartu kuning, Februari 36 laki-laki dan perempuan, Maret 39 laki-laki dan perempuan, April 18 laki-laki dan perempuan, Mei 10 laki-laki dan perempuan, Juni 26 laki-laki dan perempuan, Juli 24 laki-laki dan perempuan dan Agustus 23 laki-laki dan perempuan yang mendaftar untuk melamar kerja.

Untuk pekerja yang terkena Pemutasan Hubungan Kerja (PHK) yang melapor ke Disnaker sebanyak 30 orang. Mulai dari Februari ada 2 kasus, Maret 3 kasus, April-Juni nihil, Juli 18 kasus Agustus 2 kasus, September 5 kasus.

“Kebanyakan kasus yang terkena PHK itu tanpa alasan, sebagai ada juga alasan karena pandemi Covid-19. Untuk terkena PHK yang melaporkan, kita lakukan mediasi, kalau sudah bersepakat damai, ya selesai di kita. Kalau tidak ada perdamai akan dilajutkan ke pengadilan,” terangnya.(juu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: