BANNER KPU
HONDA

Program Listrik Gratis Sentuh 3 Ribu Keluarga

Program Listrik Gratis Sentuh 3 Ribu Keluarga

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara (BU) tetap melanjutkan program listrik gratis. Program tersebut sebelumnya masuk dalam program Kementerian ESDM namun batal dilaksanakan lantaran dananya diambil untuk penanganan Covid-19.

      Sekda BU Dr. Haryadi, MM, M.Si menuturkan jika Pemkab BU tetap akan melaksanakan program tersebut. Saat ini tercatat 3.000 warga yang memang masuk dalam warga miskin dan belum memiliki aliran listrik di kediamannya.

      “Mulanya memang akan dilaksanakan APBD melalui Kementerian ESDM, namun karena dana masuk dalam refocusing APBN sehingga ditunda. Namun tetap akan kita laksanakan,” katanya.

      Selain dengan peluang menganggarkan dalam APBD, Pemkab BU juga akan menggandeng perusahaan untuk melaksanakan program tersebut. Sehingga perusahaan bisa membiayai biaya pasang baru listrik masyarakat miskin yang minimal ada di sekitar rumahnya.

      “Jadi kita akan lakukan bertahap. Perusahaan tentunya bisa melaksanakan ini sebagai CSR. Minimal warga yang ada di sekitar lingkungannya masing-masing,” ujarnya.

      Program tersebut memang masuk dalam program peningkatan kualitas masyarakat Pemkab BU. Diantarannya memang masih adanya masyarakat yang tidak memiliki jaringan listrik.

      “Rata-rata terkendala dengan biaya pasangan baru. Biaya pasang baru ini yang akan kita arahkan untuk ditanggung oleh perusahaan,” pungkas Haryadi. (qia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: