HONDA

Dorong Realisasi Program Lima Pilar STBM

Dorong Realisasi  Program Lima Pilar STBM

CURUP - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus berupaya menggalakan berbagai program kesehatan bermasis masyarakat, khususnya dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten RL. Salah satunya dengan terus mendorong pelaksanaan lima pilar program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten RL Syamsir, S.KM, M.KM kepada RB kemarin, lima pilar STBM tersebut yaitu stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Kemudian Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (Pam-RT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT) dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLRT). Dilanjutkan Syamsir, khusus untuk CTPS yang saat ini terus digalakan bersama seluruh pemerintah desa, Dinkes Kabupaten RL sedang mempersiapkan kegiatan peluncuran program sarana CTPS dalam rangka program STBM di Desa Purwodadi Kecamatan Bermani Ulu. Selain untuk mendukung program STBM juga dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten RL.

‘’Sejauh ini sudah ada beberapa desa yang berinisiatif sendiri menyiapkan sarana CTPS bagi warga mereka. Diantaranya pemerintah Desa Pal VIII dan Desa Pal 100 di Kecamatan Bermani Ulu Raya. Serta pemerintah Desa Air Mundu Kecamatan Bermani Ulu yang sumber dananya dari Dana Desa (DD),’’ terang Syamsir.

Ditambahkan Syamsir, target mereka, setidaknya hingga akhir tahun 2020 ini sudah 70 persen dari jumlah rumah yang ada di Kabupaten RL memiliki sarana CTPS di depan rumah mereka. ‘’Agar masyarakat bisa semakin sehat dan terhindar dari penyebaran Covis-19. Apalagi ini juga menjadi salah satu langkah untuk pengendalian penyakit yang berbasis lingkungan,’’ demikian Syamsir.(dtk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: