Marhaban Ya Ramadhan
HONDA

Memburu Striker di Hari Terakhir Bursa Transfer, Cadangan yang Bukan Cadangan

Memburu Striker di Hari Terakhir Bursa Transfer, Cadangan yang Bukan Cadangan

Nanti malam (5/10) adalah penutupan bursa transfer musim panas 2020 di Eropa. Yang menjadi atensi adalah transfer sejumlah striker. Bukan menjadi pilihan utama, melainkan sebagai pelapis.

MENGINGINKAN winger Borussia Dortmund Jadon Sancho, tapi yang datang striker penganggur Edinson Cavani. Ya, perburuan Manchester United terhadap Sancho selama musim panas hampir pasti tidak akan teralisasi seiring selisih lebih dari setengah triliun rupiah (EUR 29 juta).

Cavani yang kali terakhir menjadi pemain Paris Saint-Germain (PSG) per 29 Juni lalu memang bukan rekrutan jelek. Tapi, sangat kentara ada banyak kompromi oleh United ketika menjadikan El Matador –julukan Cavani– sebagai rekrutan kedua setelah gelandang Donny van de Beek tersebut.

Paling jelas tentu usia Cavani yang sudah menapak 33 tahun. Hal itu tidak sesuai dengan ”selera” transfer United era kepelatihan Ole Gunnar Solskjaer yang memprioritaskan bintang muda sarat talenta.

United memang butuh striker berpengalaman dan Cavani dengan 3 musim di Serie A bersama SSC Napoli (2010–2013) dan 7 musim terakhir di Ligue dengan baju PSG memenuhi kriteria tersebut. Tapi, seiring usia yang bertambah, kapabilitas Cavani dianggap mulai menurun.

Meski tanpa nilai transfer, United juga tidak mengeluarkan biaya murah untuk Cavani. Bayaran striker yang pernah meraih sekali capocannoniere dan dua kali meilleur buteur itu lumayan mahal alias EUR 10 juta (Rp 174 miliar) per musim.

Gaji per pekan Cavani juga mencapai GBP 210 ribu (Rp 4,04 miliar). Nominal itu menjadikan Cavani sebagai pemilik gaji termahal keempat di skuad The Red Devils setelah David de Gea (GBP 375 ribu per pekan), Paul Pogba (GBP 290 ribu per pekan), dan Anthony Martial (GBP 250 ribu per pekan).

”(Gaji, Red) Cavani jelas berlebihan untuk seorang striker cadangan,” tulis Manchester Evening News (MEN). ”Bayangkan, melebihi Marcus Rashford (GBP 200 ribu per pekan, Red) maupun Bruno Fernandes dan Harry Maguire (masing-masing GBP 180 ribu per pekan dan GBP 189,904 per pekan),” imbuh MEN.

Tadi malam, ditemani agen sekaligus saudaranya, Walter Guglielmone, Cavani dalam proses menjalani tes medis dan meneken kontrak berdurasi dua musim tersebut. Fans United juga diyakini tidak akan rela seiring kabar yang menyebutkan bahwa Cavani bakal mengenakan nomor punggung 7. Meski, ada opsi lain nomor 19 sebagai nomor yang masih lowong di skuad United saat ini.

Cavani bukan satu-satunya mantan striker PSG yang memburu klub baru di hari terakhir bursa transfer. Eric Maxim Choupo-Moting yang memang perannya selama dua musim terakhir di PSG sebagai striker cadangan dikaitkan dengan klub raksasa lainnya.

Tidak main-main, juara Liga Champions Bayern Muenchen disebut menjadi destinasi striker 31 tahun berkebangsaan Kamerun itu. Sudah jelas kalau Choupo-Moting diproyeksikan menjadi pelapis Robert Lewandowski. Sebelumnya, Bayern dikaitkan dengan striker 1899 Hoffenheim Andrej Kamaric. Tapi, tidak ada kabar kelanjutan sampai sejauh ini.

Kehilangan Cavani dan Choupo-Moting membuat slot striker cadangan PSG kosong. Media-media Prancis memberitakan bahwa Les Parisiens kini membidik striker Everton Moise Kean sebagai pelapis Mauro Icardi-Kylian Mbappe-Neymar Jr. ”Kesepakatan peminjaman Kean selama semusim telah disepakati antara PSG dan Everton,” klaim Sky Sports.

Di sisi lain, posisi Kean di Everton bisa dihuni Fernando Llorente. Striker yang identik sebagai striker cadangan sejak bersama Tottenham Hotspur (2017–2019) hingga Napoli (2019 sampai sekarang). Llorente merupakan pilihan pelatih Everton Carlo Ancelotti. Striker 35 tahun itu bakal menambah daftar reuni Ancelotti dengan mantan anak asuhnya setelah Allan dan James Rodriguez. (io/c13/dns)

Fakta-Fakta Bursa Transfer Musim Panas 2020

Klub terboros: Chelsea (EUR 247 juta atau Rp 4,3 triliun)

Klub paling irit: Real Madrid (nihil pemain baru)

Pembelian termahal: Kai Havertz (Chelsea dengan GBP 72,9 juta atau Rp 1,4 triliun)

Pendapatan terbesar: FC Barcelona (EUR 124 juta atau Rp 2,16 triliun)

Paling banyak pemain baru: UD Almeria (19 pemain)

Paling banyak transfer keluar: Atalanta BC (41 pemain)

Pemain baru tertua: Ricardo Oliveira (40 tahun oleh Coritiba FC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: