BANNER KPU
HONDA

Warga Diminta Vaksin, HPR Secara Mandiri

Warga Diminta Vaksin, HPR Secara Mandiri

SELUMA - Dinas Pertanian (Distan) Seluma sudah melakukan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap Hewan Penular Rabies (HPR). Dimana pada tahun ini, Distan setidaknya telah melakukan 4.400 vaksin terhadap hewan seperti anjing, kucing dan kera.

Namun saat ini ketersediaan stok vaksin telah habis, Distan Seluma meminta warga yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan kera melakukan vaksinasi secara mandiri. Hal ini karena anggaran yang dimiliki telah habis untuk melakukan pengadaan ulang.

Plt Kepala Distan Seluma, Arian Sosial, SP M.Si melalui Kepala Bidang Peternakan Hendri Yunan mengatakan, HPR yang ada di Kabupaten Seluma yang telah divaksin sebanyak 4.400 ekor sesuai ketersediaan vaksin yang dimiliki. Ia mengakui kemungkinan besar tidak ada lagi penambahan vaksin karena persediaan vaksin rabies untuk tahun ini sudah tidak ada lagi. Hal ini juga dikarenakan tidak adanya ketersediaan yang dimiliki oleh pihaknya. Maka dari itu, ia meminta agar masyarakat dapat melakukan swadaya dengan biaya sendiri untuk melakukan vaksinisasi. “Untuk vaksin kita telah habis, karena anggarannya tidak ada lagi, kecuali ada penambahan dari swadaya masyarakat,” jelasnya.

Ia menegaskan untuk kasus rabies di Kabupaten Seluma sampai saat ini belum ada. Hendri berharap ke depan tidak ada muncul kasus rabies. Meskipun kasus gigitan hewan HPR cukup banyak ditemukan, namun setelah diperiksa tidak ada akibat dari terinfeksi rabies. Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat yang memiliki HPR agar memelihara hewan dengan baik. Yakni rutin menjaga kesehatan hewannya. Bila seandainya ada gejala yang dialami oleh hewan, ia meminta cepat menghubungi petugas setempat.

“Ya jika ada gejala segeralah mendatangi atau berkoordinasi dengan mantri hewan atau PPK peternakan. Ada di setiap kecamatan,” tutupnya.(cup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: