BANNER KPU
HONDA

Manfaatkan Lahan Pekarangan

Manfaatkan Lahan Pekarangan

SELUMA - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Seluma mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah di tengah wabah Covid-19 saat ini. Kegiatan pemanfaatan pekarangan ini dapat mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan di tengah pandemi yang dikhawatirkan dapat menimbulkan ancaman krisis. Hal ini juga dalam menciptakan ketahanan pangan pada tingkat rumah tangga.

Kepala Bidang Konsumsi dan Ketahanan Pangan DKP Seluma, Z. Iksan Sahudi SE MM mengatakan budidaya sayuran pekarangan bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga di masa pandemi. Hal ini juga untuk mencegah krisis ketahanan pangan yang terjadi. Budidaya sayuran di pekarangan tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga namun juga mengurangi uang belanja, bahkan dapat menambah pendapatan keluarga jika hasilnya dipasarkan.

Selain itu, jika ada masyarakat yang membentuk kelompok tentunya akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Adapun bantuan pembinaan yang langsung dikirimkan ke rekening kelompok langsung dari kementerian mulai dari Rp 15-60 juta per kelompok.

“Harapannya masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangannya untuk bertanam sayur-sayuran agar pemenuhan gizi keluarga tetap terpenuhi, apalagi di tengah pandemi ini,” imbaunya.

Iksan menambahkan, pembinaan juga terus dilakukan dengan memperhatikan protokol Covid-19. Pembinaan ini sendiri bisa dilakukan terhadap perseorangan maupun kelompok. Terkait pembinaan sendiri para kelompok tersebut mendapatkan pendampingan. Adapun pendampingnya adalah penyuluh pertanian dengan kerjasama dari Dinas Pertanian Seluma. Pembinaan ini bertujuan agar pemanfataan pekarangan tersebut dapat maksimal. “Pembinaannya tentu ada, misalnya menanam sayur di pekarangan maka kebutuhan sayur di rumah tangganya sendiri dapat terpenuhi,” jelasnya.(cup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: