BANNER KPU
HONDA

Yayasan Cahaya Mutiara Rabbani PKBM Mutiara Bintang Buka Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

Yayasan Cahaya Mutiara Rabbani PKBM Mutiara Bintang Buka Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha

 

BENGKULU - Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Mutiara Bintang di bawah naungan Yayasan Cahaya Mutiara Rabbani berdiri sejak tahun 2011. PKBM ini beralamat di Jl. Putri Gading Cempaka RT 15 RW 01 No 40 Kelurahan Penurunan Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Salah satu program unggulan PKBM ini yakni program Pendidikan Kecakapan wirausaha (PKW).

“Saat ini PKBM Mutiara Bintang mengadakan program Pendidikan Kecakapan wirausaha (PKW) yang pesertanya semuanya wanita. Dengan ketentuan  rentang usia 15-30 tahun. Belum memiliki pekerjaan atau usaha," ungkap Pimpinan Yayasan Cahaya Mutiara Rabbani, Devi Suryani, S.Pd.I, M.Pd, Senin (5/10).

Dijelaskan, Program PKW adalah bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Kursus. Para peserta program ini diberikan pendidikan pelatihan wirausaha dan keterampilan menjahit. Khususnya menjahit kebutuhan rumah tangga seperti seprai, bantal kursi, taplak meja, tutup galon, tutup dispenser, tutup magic com, tutup kolong dapur, gorden, mukenah, jilbab, taplak meja prasmanan dan lain-lain sesuai kebutuhan masyarakat.

"Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan dengan jumlah jam belajar selama 220 jam. Tiga kali dalam satu minggu," katanya.

Setelah mereka mengikuti pelatihan mereka harus mengikuti evaluasi yang tujuannya untuk melihat sejauh mana daya serap yang dimiliki oleh setiap peserta. Kemudian para peserta dibagi menjadi 2 kelompok, lalu didampingi membuat rintisan usaha.

“Kami menginginkan wirausaha-wirausaha baru yang mandiri dan berkembang. Semoga semua peserta yang berjumlah 25 orang menjadi wirausaha yang sukses dan menjadi binaan PKBM Mutiara Bintang Kota Bengkulu,” pungkas Devi. (chy/svc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: