HONDA

106 CJH Kaur Ikuti Manasik Haji

106 CJH Kaur Ikuti Manasik Haji

KOTA BINTUHAN - Kendati masih menunggu keputusan pemerintah pusat terkait rencana keberangkatan haji tahun 2021. Namun saat ini Pemkab Kaur mulai menggelar kegiatan manasik haji untuk 106 Calon Jamaah Haji (CJH) yang dijadwalkan berangkat tahun ini.

Kegiatan manasik dibuka langsung Asisten 1 Pemkab Kaur Roby Antoni dan juga Kasi Haji Kemenag Kaur Bujang Ruslan, Selasa (9/3) di Masjid Al Kahfi. Dijadwalkan dilaksanakan selama 12 kali sebelum CJH berangkat ke Tanah Suci tahun 2021 ini. Dalam manasik CJH diberikan bekal untuk persiapan berangkat haji, mulai dari kesiapan diri sendiri. Kemudian pemeriksaan kesehatan, administrasi hingga tata cara melaksanakan ibadah haji dan sebagainya.

"Manasik ini sengaja kita siapkan jauh hari walaupun belum ada kepastian dari pemerintah soal keberangkatan haji tahun ini. Dan kita harapkan tahun ini walaupun pandemi Covid-19 belum berakhir, pelaksanaan haji bisa berjalan dan tidak lagi ditunda seperti tahun lalu," kata Robi .

Lebih lanjut Robi menerangkan, kegiatan manasik ini dilakukan untuk persiapan CJH yang masuk daftar keberangkatan tahun 2021. Dengan adanya manasik diharapkan CJH Kaur mengerti dan paham bagaimana melaksanakan ibadah haji dan juga apa saja persiapan yang harus disiapkan setiap jemaah.

“Kalau ada keputusan berangkat tahun ini, jamaah kita sudah siap tinggal berangkat saja,” terangnya.

Dalam kesempatan itu pihak Pemkab Kaur dan Kemenag Kaur tetap mengajak CJH Kaur untuk menjaga kesehatan. Serta selalu menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari covid-19. Tidak hanya dari Pemkab Kaur dan Kemenag Kaur hadir dalam manasik pada Selasa (9/3) di Masjid Al Kahfi,  dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur ikut hadir. (cik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: