HONDA

Kelulusan Berdasarkan Ujian Sekolah

Kelulusan Berdasarkan Ujian Sekolah

BENGKULU - 4.442 siswa SMA/MA telah terdata sebagai peserta Ujian Sekolah (US). Mengingat beberapa waktu lalu Ujian Nasional (UN)  dihapuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI), membuat kelulusan siswa berdasarkan hasil US oleh masing-masing sekolah.

"Agar terjadi keseragaman kompetensi soal, maka semua persiapan Ujian Sekolah difasilitasi melalui MKKS. Dan saat ini ada 4.442 pelajar bakal mengikuti US yang diselenggarakan akhir Maret," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/MA, Dr. Bihanudin.

Ia menjelaskan dengan kesepakatan para kepala sekolah SMA/MA ini, pihaknya pun melakukan persiapan. Untuk pelaksanaan US yang akan digelar mulai 29 Maret mendatang. Termasuk menyewa server utama dengan menggandeng pihak ketiga untuk digunakan selama US berlangsung.

"Sebelum hari H, akan dilakukan simulasi dulu. Sehingga dapat diketahui, kapasitas server dan jaringan," ucap Kepala SMAN 2 Kota Bengkulu ini.

Dan untuk keamanan soal ujian nanti, pihaknya akan memberikan pasword bagi setiap sekolah. Ini juga untuk meminimalisir tidak ada soal yang bocor sebelum ujian. "Soal dibuat oleh tim dari Musyawarah Guru Mata pelajaran dan semua dimasukkan dalam server," imbuhnya.

Dijelaskannya, saat pelaksanaan ujian sekolah nanti, ada menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat. Selain itu, juga tetap mengacu prosedur operasional standar (POS). Satu ruangan diisi maksimal 20 peserta ujian. (war)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: