HONDA

Kaur Tertinggi Serap Dana Desa Tahap Pertama

Kaur Tertinggi Serap Dana Desa Tahap Pertama

BENGKULU - Hingga masuk April ini, Kabupaten Kaur menjadi kabupaten tertinggi dalam penyerapan Dana Desa (DD). Pada tahun 2020 Kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Lampung ini, mendapat pagu  sebesar Rp 147.024.967.000 dan realisasinya tuntas 100 persen.

Kemudian tahun 2021 ini, kembali Kaur mendapat pagu Dana Desa yang sama dan sudah berhasil terealisasi sebesar 28,55  persen atau sebanyak  Rp 41,969.567.520.

Kepala DJPb Provinsi Bengkulu Syarwan didampingi Kepala Bidang Pelaksana Anggaran II Budi Marsudiyoto membenarkan Kabupaten Kaur menjadi Kabupaten tertinggi untuk  realisasi tahap pertama ini. Koordinasi yang  yang terpadu antara Pemkab Kaur dan Pihak Kementerian Keuangan Perwakilan Bengkulu menghasilkan serapan DD yang masuk ke Desa di Kabupaten yang memiliki destinasi Pantai yang sudah mulai tergarap itu sangat baik.

“Koordinasi berjalan baik,” tukasnya. Keunggulan lain dari Kabupaten Kaur ini kata Budi, jumlah pagu yang mereka terima nomor dua terbesar antar kabupaten se-Provinsi Bengkulu di bawah Kabupaten Bengkulu Utara, dan jumlah rupiah yang banyak ini, justru tidak menghambat pencairan. “Pagunya besar realisasi juga besar,” urainya.

Jumlah desa di Kabupaten Kaur penerima DD sebanyak 192 buah, sampai dengan April ini hampir seluruhnya sudah selesai mengajukan pencairan Dana Desa dan bahkan  dari sekian banyak penerima itu, sudah ada desa-desa di sana yang sudah mencarikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 300 ribu per bulan selama 4 bulan untuk masing-masing penerima yang sudah disetujui sebagai penerima melalui rapat desa. (iks)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: