BANNER KPU
HONDA

Pelaksanaan Ujian Sekolah Dimonitor Dikbud

Pelaksanaan Ujian Sekolah Dimonitor Dikbud

BENTENG - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sudah dimulai hari ini (19/4). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Benteng akan memonitor pelaksanaan US di setiap SMP yang ada di Kabupaten Benteng.

Kepala Dinas Dikbud Benteng, Saidirman, SE, MM mengatakan ada 34 SMP yang akan melaksanakan US tatap muka dengan system manual. Yakni menggunakan pensil dan lembar jawaban komputer (LJK).

"Dalam pelaksanaan US kali ini 34 sekolah melaksanakan US dengan tatap muka di sekolah. Dikarenakan masih dalam wabah Covid-19 semua sekolah diwajibkan untuk tertib menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam pelaksanaan US. Seperti menyiapkan semua sarana prasarana prokes, menggunakan masker, menjaga jarak dan lain sebagainya," tegasnya.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menjadwalkan untuk melaksanakan monitoring atau pemantauan dalam pelaksanaan US di setiap sekolah. Pemantauan ini dilakukan untuk melihat kesiapan sekolah dalam pelaksanaan US. Seperti kesiapan dalam penerapan prokes hingga dalam menghadapi US ini. Sebab pihak Dinas Dikbud berharap tidak ada hambatan yang berarti dalam pelaksanaan US dan semua sekolah sudah siap.

"Kita sudah menjadwalkan dan menurunkan pengawas untuk melaksanakan pemantauan setiap hari selama US berlangsung. Semua ini dilakukan demi kelancaran berjalannya US di tingkatan SMP di Kabupaten Benteng. Kita juga sudah meminta dan mengimbau semua sekolah untuk menyiapkan semua keperluan dalam pelaksanaan US yang sudah dimulai besok (hari ini, red). Apabila dalam pemantauan ditemukan ada kekurangan atau hambatan, maka akan kita ingatkan, agar segera melengkapi kekurangan tersebut," ungkapnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan US akan dilaksanakan mulai hari ini hingga Sabtu mendatang. Untuk hari ini US dimulai dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama, Selasa IPA dan PPKN. Kemudian untuk hari Rabu Bahasa Inggris dan IPS, Kamis Matematika dan Seni Budaya, Jumat Prakarya dan PJOK, kemudian hari Sabtu muatan lokal.

"Kemudian dikarenakan Ujian Nasional ditiadakan, maka untuk kriteria kelulusan setiap sekolah untuk mempertimbangkan penilaian dari beberapa item sebagai berikut. Seperti menyelesaikan program pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 yang dibuktikan raport tiap semester, memperoleh nilai/sikap minimal baik. Kemudian mengikuti ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan," demikian Saidirman.

Kepala Kemenag Benteng, H. Sipuan, S.Ag, MM menjelaskan, untuk ditingkatan MTs pelaksanaan US sudah dilaksanakan sebelum bulan puasa lalu. "Untuk tingkatan MTs sudah selesai untuk pelaksanaan US. Sudah kita laksanakan sebelum bulan puasa lalu dan saat ini sudah selesai pelaksanaan US ditingkatan MTs," tutup Sipuan. (jee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: